Dinkes Banten Sebut Omicron Terdeteksi di Tangsel, Warga Diminta Waspada

oleh -5 Dilihat
oleh

Serang, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyatakan kasus COVID-19 di wilayahnya kembali meningkat sejak Januari 2022. Peningkatan kasus terjadi di wilayah Tangerang Raya.

Dikatakan Kadinkes Ati Pramudji Hastuti, bahkan kasus COVID-19 varian Omicron sudah masuk di wilayah Tangerang Selatan.

“Semula dalam beberapa bulan kemarin kita sudah sangat melandai namun pada awal Januari ini terjadi peningkatan,” kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (13/1/2022).

Ati menyampaikan, pihaknya mendeteksi ada empat kasus yang dinyatakan positif varian Omicron di Tangsel. Diantaranya, dua kasus berada di The Green BSD, satu kasus di Ciputat dan satu kasus lagi di Pondok Cabe Hilir.

“Varian omicron dalam sisi penyebaran begitu luar biasa cepatnya dan meskipun varian ini belum terbukti memberikan dampak keganasan,” katanya.

Menurut Ati, dari sisi gejala terhadap beberapa orang yang terpapar Omicron ini hampir rata-rata tidak menimbulkan gejala.

Kalaupun ada hanya menderita gejala ringan, namun semua pihak tetap waspada karena penyebaran virus ini begitu cepat.

“Dikhawatirkan jika ini dibiarkan maka akan timbul lonjakan kasus ketiga yang tentunya akan berdampak ke berbagai sektor baik kesehatan pendidikan juga ekonomi,” katanya.

Mantan Dirut RSUD Kota Tangerang tersebut, meminta seluruh kabupaten kota untuk meningkatkan testing, trecing dan treatmen agar penyebaran Omicron bisa dicegah meluas di Banten. Tak hanya itu, proses imunisasi juga harus kembali dikebut.

“Dengan imunisasi dapat mencegah meminimalisir angka kesakitan dan juga angka kematian akibat COVID-19,” katanya.(kusno)