Pilar Banten
Kunjungi Banten, Ini Pesan Kapolri Untuk Polda Banten Jelang Nataru

Kunjungi Banten, Ini Pesan Kapolri Untuk Polda Banten Jelang Nataru

Serang, – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan pesan khusus kepada jajarannya di wilayah hukum Polda Banten menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Pesan khusus itu berkaitan dengan upaya pengendalian virus Covid-19 varian Omicron di momen Nataru, utamanya di wilayah Pelabuhan penyebrangan Merak yang diprediksi akan terjadi pergerakan masyarakat yang cukup tinggi.

“Tahun kemarin itu ada sekitar 11 juta masyarakat yang melakukan penyebrangan melalui Pelabuhan Merak, dan tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan,” katanya.

Kapolri melanjutkan, pada tahun ini yang harus diantisipasi ada pelonggaran kegiatan masyarakat yang tentunya harus dibarengi juga dengan peningkatan pengawasannya, baik itu Protokol Kesehatan (Prokes) maupun kesadaran menggunakan maskernya.

“Penggunaan aplikasi peduli lindungi itu juga tolong dicek terus. Jangan hanya sekedar aplikasinya saja yang dipasang, tapi juga harus dipastikan itu digunakan,” ujarnya.

Pastikan juga seluruh calon penumpang yang akan masuk ke kapal sudah dilakukan pengecekan, utamanya harus sudah melakukan vaksinasi dosis kedua. Jangan hanya di kapal tetapi di pelabuhannya juga harus dipersiapkan, jadi berlapis.

“Karena belajar dari tahun lalu, pasca Nataru terjadi peningkatan 2,5 lipat. Makanya tahun ini harus benar-benar waspadai, jangan sampai naik lagi,” pesannya.

Kapolri juga mengapresiasi berbagai persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh jajarannya. Termasuk juga capaian vaksinasi di Banten yang sudah mencapai 72 persen.

“Namun meskipun demikian, kita tidak boleh lengah, karena mobilitas masyarakat yang masuk ke Pelabuhan Merak itu bukan hanya dari Banten, tetapi juga dari daerah lain yang capaian vaksinasinya belum tentu sudah tinggi,” pungkasnya.

Terkait dengan adanya Pos Yang dan Pos Pam, Kapolri mengingatkan harus benar-benar berfungsi dengan baik untuk memantau pergerakan masyarakat.

Selain itu, kondisi lalu lintas yang lancar dan terkendali juga harus menjadi perhatian para petugas yang berjaga di Pos Pam masing-masing. “Pastikan arus lalu lintas lancar pada saat Nataru nanti,” imbuhnya.(loet)

Tinggalkan Balasan