Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin Untuk Tahap Pertama

Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin Untuk Tahap Pertama

Serang, – Kota Serang menerima jatah sekitar 3.380 dosis Sinovac untuk jilid pertama. Vaksinisadi COVID-19 tahap pertama itu diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan.

“Vaksin COVID-19 untuk kota Serang sudah kita terima jumlahnya seluruhnya 3380 dosis. Ini tahap pertama provinsi mengagendakan untuk kota Serang dan Kota Tangsel,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Serang, Ratu Ani Nuraeni, Selasa (12/1/2021). 

Ratu menyampaikan, Dinas Kesehatan Kota Serang telah menyiapkan sebanyak 33 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinisasi. Terdiri dari sebanyak 16 puskesmas, sebanyak 9 klinik dan 8 rumah sakit milik pemerintah daerah dan swasta.

“Petugas puskesmas, klinik dan rumah sakit yang ditunjuk sudah dilatih untuk menjadi vaksinator. Vaksinator ada 99 orang. Ada 3 petugas setiap faskes,” katanya.

Vaksin yang diterima sementara akan disimpan di gudang Dinas Kesehatan Kota Serang sebelum didistribusikan ke setiap faskes vaksin COVID-19. Pihaknya telah menyiapkan sebanyak tiga lemari pendingin untuk penyimpanan vaksin buatan Tiongkok tersebut.

“Dari 6 lemari pendingin yang ada, 3 lemari pendingin sudah disipakan untuk simpan vaksin. Pokoknya vaksin harus terjaga supaya kualitas tetap terjaga,” katanya.

Disampaikan Ratu, pelaksanaan vaksinasi ditingkat kota dan kabupaten akan dilaksanakan setelah launching yang dilakukan oleh tingkat provinsi yang akan digelar pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang.

“Pastinya ada (tidak lolos) karena nakes ada juga yang diatas umur 59 tahun. Kami masih sisir tenaga kesehatan yang menerima SMS tadi jumlah berapa,” katanya.(Wr/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: