Kementrian ATR/BPN Apresiasi Program Padat Karya BPN Banten

Kementrian ATR/BPN Apresiasi Program Padat Karya BPN Banten

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengapresiasi program padat karya yang dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Banten di masa Pandemi Covid-19 ini.

Pengapresiasian itu disebabkan program padat karya berupa panen raya pepaya jenis Kalifornia di Desa Selaraja, Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak itu dinilai sangat efektif untuk menekan angka pengangguran di tengah banyaknya perusahaan yang melakukan Pemutaran Hubungan Kerja (PHK).

Kegiatan Memanen Pepaya California kali pertama ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sunrizal, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Andi Tenri Abeng, Bupati Lebak yang diwakili oleh Asda I Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, Kapolsek Warunggunung, Danramil 0302/Warunggunung, Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Provinsi Banten, Kepala Bidang Pengendalian dan Penanganan Sengketa Kanwil BPN Provinsi Banten, Kepala Kantor Pertanahan Kota Padang, Camat Warunggunung, Yasril Chaniago selaku koordinator lapangan, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sunrizal menyampaikan apresiasi terhadap pemberdayaan masyarakat melalui program padat karya kebun pepaya California di Desa Selaraja ini.

“Pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya pendapatan nasional, yang berdampak sangat signifikan pada sektor banyaknya PHK dimana-mana. Oleh karena itu program ini sangat bagus, karena selain merupakan sumber ketahanan pangan bagi masyarakat, juga bisa membantu masyarakat terdampak memperoleh penghasilan,” ujarnya, Rabu (30/12/2021).

Selain itu Sunrizal juga berharap program ini dapat diduplikasi di daerah lainnya, karena sangat terasa manfaatnya di masa Pandemi ini. “Kita harapkan di daerah lain juga bisa mencontoh program ini,” tuturnya.

Program ini berawal dari keprihatinan terbatasnya Alat Pelindung Diri (APD) Tenaga Medis di Provinsi Banten, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Banten Andi Tenri Abeng kemudian menginisiasi pembentukan BPN Banten Peduli.

Bukan hanya menyalurkan bantuan saja, BPN Banten Peduli berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Selaraja, Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak, dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak lakukan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Padat Karya “Kebun Pepaya California Desa Selaraja”.

“Program ini dimulai ketika Pandemi dan setelah 8 bulan penanaman, hari ini dilaksanakan panen perdana pepaya California,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Agus Sutrisno dalam laporannya.

Di atas lahan seluas 7000 m2 dengan rincian 5000 m2 tanah kas desa dan 2000 m2 tanah masyarakat yang dikerjasamakan dan dikelola, ditanam sekitar 800 pohon Pepaya California.

Agus menambahkan, program ini melibatkan masyarakat dari berbagai latar belakang pekerjaan yang sekarang karena Pandemi mereka terkena PHK. Harapannya dengan program padat karya ini, bisa membantu masyarakat bertahan di tengah kondisi perekonomian yang sulit.

Sementara itu kepala Asda I Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak Alkadri juga menyampaikan apresiasinya terhadap ide program padat karya, karena membantu masyarakat terdampak memperoleh penghasilan di saat Pandemi.

Hasil panen ini untuk selanjutnya akan dibeli oleh Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi Kabupaten Lebak, hal itu agar apa yang sudah dirintis oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan jajaran manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat di tengah kondisi Pandemi seperti ini” katanya. (Al/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: