Kecamatan Kibin Juara Umum MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Serang

oleh -14 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Kecamatan Kibin meraih Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Serang Tahun 2023 yang digelar pada Selasa 21 sampai Jum’at 24 Februari 2023. Atas hasil juara umum itu, Kecamatan Kibin menggeser Kecamatan Waringin kurung sebagai juara umum sebelumnya.

Dalam gelaran MTQ ke-53 bertempat di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu di tutup oleh Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa. Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda I Nanang Supriatna para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Serang, Anggota DPRD Provinsi Banten dapil Kabupaten Serang Muhsinin, Umar Barmawi, Ishak Sidik, Polres dan Kodim Serang, serta tokoh agama dan masyarakat.

Wabup Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, bagi para kafilah yang menjadi juara akan diberikan pembinaan kembali atau pelatihan seperti training center untuk mewakili Kabupaten Serang pada MTQ tingkat Provinsi Banten. “(Para juara) ini baru bahan, pemenang pertama, kedua, ketiga akan di adakan pembinaan. Belum tentu yang pertama itu yang akan dikirim ke tingkat provinsi, tergantung hasil pembinaan training center sekitar 2 mingguan,”ujarnya kepada wartawan.

Untuk saat ini Kecamatan Kibin sebagai juara umum, sebut Pandji, bukan berarti para kafilah kecamatan lainnya di Kabupaten Serang tidak bagus pada faktanya sama bagusnya. Dengan Kibin sebagai juara umum memang diharuskan untuk saling berprestasi jangan hanya satu kecamatan saja. “Semua kecamatan punya peluang untuk merebut juara pertama. Kita harus juara pertama,”tegasnya.

Pandji menegaskan, dengan belum kembali meraih juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten pihaknya untuk tahun ini optimis bisa meraih juara umum. “Harus menang, kemarin kita juara kedua terus sekarang harus juara pertama. Kita siapkan nanti juara pertamanya. Untuk tahun ini tidak ada pilihan lain, hanya satu pilihannya juara satu di tingkat provinsi,”tandasnya.

Diketahui berdasarkan SK juara umum dan peringkat MTQ ke 53 Kabupaten Serang yang dibacakan Ketua Dewan Hakim Mahmudi, berikut urutan lengkap 10 besar MTQ ke 53 tingkat Kabupaten Serang.

Peringkat pertama Kecamatan Kibin dengan nilai 62, kedua Kramatwatu 52, ketiga Anyer 36, ke empat Tirtayasa 27. Peringkat kelima Gunung sari 21, ke enam Waringin kurung 18, ketujuh Pulo ampel 17, kedelapan Tanara 17, kesembilan Carenang 14 dan Peringkat kesepuluh Kecamatan Baros.

Camat Kibin Babay Karnawi mengaku bangga dengan capaian yang telah yang di raih para kafilah Kecamatan Kibin meski dirinya baru menjabat enam bulan sebagai camat, namun dengan persiapan yang matang bisa meraih juara umum MTQ ke 53 tingkat Kabupaten Serang Tahun 2023. Atas raihan juara umum atas berkat semua dukungan sembilan kepala desa juga para pihak sponsor yang membantu.

“Berkat kedekatan saya dengan mereka, kami Kibin bisa menjadi juara merebut juara umum yang pernah lepas dari Kecamatan Kibin karena saya membaca sejarah Kibin pernah menjadi juara. Dan ini kami membuktikan Kibin bisa merebut kembali juara MTQ,”ujarnya.

Babay memaparkan kunci meraih juara umum tersebut, yakni dengan kemauan kerja keras dan yang pasti pembinaan kerjasama dengan para kepala desa dan semua unsur. ”Saya mengucapkan terimakasih kepada Kibin, teman-teman LPTQ Kecamatan, MUI Kecamatan dan seluruh tokoh masyarakat dan Muspika Kecamatan Kibin,”katanya.

Atas raihan juara umum tersebut, Babay memastikan tidak akan berhenti untuk memberikan pembinaan para kafilah untuk bisa terpilih mewakili Kabupaten Serang ke tingkat Provinsi Banten. “Saya akan bina lagi para kafilah untuk bisa mewakili tingkat Kabupaten Serang, Provinsi Banten dan tingkat nasional,”tandasnya.(js)