Diresmikan! MCK Ala Ganjaran Buruh Disambut Positif Masyarakat di Banten

oleh -4 Dilihat
oleh

TANGERANG, PILARBANTEN, – Peresmian tempat mandi cuci kakus (MCK) yang diinisiasi oleh sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) di Kp. Paku Haji RT005/006, Desa Tobat, Kec. Balaraja, Kab. Tangerang, Banten disambut baik oleh masyarakat setempat.

Pasalnya, fasilitas tersebut memang ditargetkan GBB bakal rampung pada akhir bulan tepatnya pada hari ini, Minggu (26/2).

Di sisi lain, GBB juga berhasil melakukan pengeboran sumur agar debit air yang keluar bisa lebih lancar dan dimanfaatkan masyarakat untuk keperluan mandi, mencuci, dan lain sebagainya.

Suryadi (40) selaku tokoh masyarakat setempat merasa senang dengan adanya fasilitas MCK tersebut untuk masyarakat.

Dia mengajak masyarakat selalu merawat fasilitas tersebut, salah satunya dengan menjaga kebersihan setelah dipergunakan.

“Sangat bagus sekali, bagus ada bantuan dari GBB ya. Semoga MCK ini berjalan dengan lancar tidak ada kerusakan apapun, kalau ada kerusakan kita harus gotong royong merawatnya,” jelas Suryadi.

Senada, Dalena (38) sebagai masyarakat setempat mengapresiasi aksi nyata sukarelawan pendukung Ganjar dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat dengan cara menyediakan fasilitas penunjangnya.

“Alhamdulillah sangat membantu adanya GBB ini membantu kampung kami dan sekitarnya. Mudah-mudahan kedepannya lebih bagus lagi dan bisa membantu kami untuk membuatkan musala kami lebih bagus lagi untuk terawehan dan semacamnya,” kata Dalena.

Ketua Umum GBB, Lukman Hakim menjelaskan selama dua minggu atau 14 hari pihaknya bersama masyarakat setempat melakukan gotong royong dalam menyelesaikan fasilitas MCK dan pengeboran air.

“Ini sebagai rasa perhatian kami dan kontribusi kami ke warga khususnya di Kampung Paku Haji, Desa Tobat tepatnya di RT5/6 kami memberikan kontribusi dan fasiitas mck ini ada tiga pintu. Alhamdulillah pada hari ini selesai dan bisa digunakan oleh warga sini,” kata Lukman.

Dengan dibangunnya MCK ini, lanjut Lukman, adalah upaya mendukung pola hidup bersih dan sehat di masyarakat melalui sanitasi di daerah mereka.

Terlebih menjelang Ramadan, kebutuhan masyarakat akan mck dan sanitasi tentunya meningkat.

“Mudah-mudahan ini bisa lebih meningkatkan kebersihan dan sanitasi dan kesehatan warga sini. Harapannya tehtu saja ini bisa dimanfaatkan dengan baik apalagi menjelang Ramadan,” tukas Lukman.

Selain itu, GBB juga menyerahkan kartu benefit anggota (KBA) kepada para buruh. Dengan kartu tersebut, para buruh bisa mendapat berbagai manfaat lewat program bantuan yang dicanangkan sukarelawan GBB.

Sebelumnya, pada peletakan baru pertama MCK di wilayah tersebut, GBB menyiapkan bahan bangunan seperti pasir, semen, bata merah, hebel, semen mortar, besi beton, keramik, baja ringan, hingga closet. (teguh)