Kalak BPBD Banten : Hati-hati Jika Ada Oknum yang Menawarkan Pekerjaan

oleh -40 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten Nana Suryana menghimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati jika ada oknum yang menawarkan pekerjaan atas nama BPBD Banten.


Pasalnya, menurut Nana, setiap jenis pekerjaan yang ada di BPBD Banten seluruhnya tertuang dalam aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) yang berbasis Website.
“Semuanya sudah bisa dilihat disitu,” katanya, Sabtu (29/7/2023).


Akan tetapi, lanjut Nana, jika ada yang menawarkan pekerjaan di luar dari proses yang sudah ditentukan itu, maka bisa dipastikan itu merupakan ulah oknum yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
“Itu patut diduga hanya ingin mendapatkan keuntungan personal dengan memanfaatkan kesempatan,” ujarnya.


Berkenaan dengan berita yang beredar terkait dugaan adanya SPK fiktif yang dilakukan oleh salah satu oknum ASN di BPBD Banten, Nana mengaku dirinya sudah melakukan klarifikasi dan pemeriksaan terhadap pejabat terkait.


“Sudah kita panggil pada Jumat 28 Oktober 2023 kemarin untuk mendapatkan informasi yang secara utuh berkenaan dengan dugaan SPK fiktif itu,” ucapnya.
Berdasarkan hasil klarifikasi itu, dikatakan Nana, dalam berita acara pemeriksaan yang sudah dilakukan, pejabat terkait menyadari telah melakukan kesalahan dan siap menerima resiko yang akan ia tanggung.


“Termasuk ia siap bertanggungjawab penuh atas perbuatannya dan berkomitmen untuk menyelesaikannya. Jika hal itu dilanggar, dirinya siap menerima hukuman,” katanya.
Tidak sampai di situ, Nana juga sudah menyampaikan persoalan kasus ini ke Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, untuk ditindaklanjuti sebagaimana aturan kepegawaian yang berlaku.
“Sudah, sudah saya laporkan ke Inspektorat dan BKD,” pungkasnya.(al)