Pilar Banten
  • August 10, 2020
  • Last Update Aug 10, 2020 10:41 am
  • Indonesia
Jelang Perayaan Natal, Tim Jibom Sisir Gereja di Serang Diteksi Benda Berbahaya

Jelang Perayaan Natal, Tim Jibom Sisir Gereja di Serang Diteksi Benda Berbahaya

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Tim (Penjinak Bom) Jibom Brimob Polda Banten bersama Polres Serang kota melakukan sterilisasi gereja. Sterilisasi dilakukan untuk memastikan ada tidaknya barang yang diduga berbahaya atau bom saat perayaan natal.

Pelaksanaan sterilisasi ini dilakukan di 3 Gereja antara lain Gereja HKB (Huria Kristen Batak protestan), GKI (Gereja Kristen Indonesia) dan Gereja Katolik Kristus Raja Serang, Serang Kota. Petugas yang membawa alat deteksi melakukan menyisir setiap sudut gereja.

Selain itu, di pintu gerbang juga disediakan secdoor untuk mengecek tubuh orang yang melewatinya. Petugas kepolisian berjaga di pintu depan atau gerbang masuk menuju ke gereja.

Kaposyan Polres Serang kota AKP Hadi Sucipto mengatakan, sterilisasi dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) menjelang perayaan natal. Sterilisasi dilakukan di delapan gereja di Serang kota.

“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat sehingga lokasi bisa digunakan untuk pelaksanaan natal,” kata Hadi usai sterilisasi, Selasa (24/12/2019).

Hadi mengatakan, sterilisasi dilakukan di sejumlah sudut ruangan. Petugas menggunakan mirror dan metal detector untuk melakukan sterilisasi ini.

“Pengecekan meliputi ruangan kemudian lokasi-lokasi yang dipergunakan oleh jemaat maupun kepanitiaan yang lain. Juga lokasi-lokasi sekitar gereja,” tuturnya.

Untuk pengamanan natal sendiri, Polres Serang kota mengerahkan 193 personel. Mereka disebar ke sejumlah gereja.

“Jumlah personel di sini (Gereja sekitar alun-alun Serang kota), situasional. Tapi kami menghitungnya cukup untuk memberikan rasa aman dan nyaman,” kata dia. (Anwar/Teguh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: