Pilar Banten
  • September 20, 2020
  • Last Update September 17, 2020 1:16 pm
  • Indonesia
Ini Rumah Sakit Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di Banten

Ini Rumah Sakit Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di Banten

Kota Serang – Pemerintah Indonesia telah menunjuk sebanyak 100 Rumah Sakit (RS) yang menjadi tempat rujukan pasien terjangkit virus corona. Ke 100 rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani virus yang berasal dari Tiongkok tersebut diklaim telah memiliki fasilitas perawatan yang memadai.

Ke 100 rumah sakit tersebut telah dinyatakan memiliki ruang perawatan yang sesuai standar internasional.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah menunjuk dua RS menjadi tempat rujukan untuk pasien corona. Kedua RS tersebut adalah Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranagara (RSDP) Serang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

“Iya betul kita (RSDP) telah ditunjuk menjadi tempat rujukan pasien yang terkangkit corona dan sekarang kita sedang rapat antisipasi penanganannya,” kata Dirut RSDP Serang Dr. Rachmat Setiadi saat dikonfirnasi, Senin (2/3).

Rachmat mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga ruangan isolasi untuk pasien corona dengan dilengkapi fasilitas lain seperti alat pelayanan dan baju khusus untuk pasien dan perawat yang menangani pasien tersebut.

“Untuk fasilitas insyallah sudah lengkap, ruangan khusus ada dan alat perlengakapan lain,” katanya.

Meski demikian dikatakan Rachamat, untuk pelayanan pasien corona di RSDP hanya sebatas penanganan awal karena berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan untuk pengawasan pasien yang terjangkit virus tersebut akan dilakukan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. “kalau sudah pengawasan langsung dirujuk ke RS Sulianti Saroso,” tuturnya.

Lanjut Rachmat, hingga saat belum ada pasien yang terjangkit virus corona yang dirawat di RSDP Serang.” Disini belum ada laporan,” katanya.

Untuk diketahui, pemerintah telah resmi mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus Corona saat tiba di Malaysia.(anwar/teguh)

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: