Hari Lahir Pancasila, Al Muktabar : Pancasila Telah Teruji Kokoh dan Relevan Dalam Tatanan Kehidupan

oleh -7 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia telah teruji dalam beberapa keadaan serta relevan terhadap semua tatanan kehidupan.

“Kita memperingati hari lahir Pancasila, Pancasila telah teruji dengan kokoh dan kuat sebagai dasar negara dan Pancasila selalu relevan dengan semua tatanan kehidupan,” ungkap Al Muktabar usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (1/6/2023).

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini penting, agar kita saling mengingatkan dan berkomitmen untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Karena ini dasar peta jalan bangsa Indonesia,” sambungnya.

Al Muktabar juga menuturkan hal tersebut dibuktikan pada saat pandemi Covid-19, nilai-nilai Pancasila yang diimplementasikan dengan gotong-royong untuk bangkit bersama-sama.

“Kita tahu bahwa beberapa tahun yang lalu keadaan dunia yang pandemi Covid-19 dan dengan nilai Pancasila kegotongroyongan, kita mampu keluar dari suasana itu dengan baik,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Al Muktabar dalam percaturan dunia, Indonesia tampil dengan nilai-nilai dasar Pancasila pada beberapa kesempatan, di antaranya menjadi Presidensi G20 dan menjadi bagian yang turut serta pada G7 di Jepang beberapa waktu lalu.

“Pengakuan kepada Indonesia luar biasa, maka kita terus tanamkan dalam hati nilai-nilai Pancasila ini,” imbuhnya.

Al Muktabar juga mengajak kepada semua pihak terutama generasi muda untuk dapat terus menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sama-sama mengingatkan nilai-nilai Pancasila ini utamanya kepada generasi muda dan kita transformasikan nilai-nilai itu. Pancasila itu karena Humanis berlaku untuk semua keadaan, maka generasi muda akan dapat mengikuti itu dan meyakininya sebagai dasar negara,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemprov Banten juga memberikan apresiasi dan penghargaan dalam bentuk uang pembinaan kepada para atlet asal Provinsi Banten yang meraih prestasi pada Sea Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Forkopimda Provinsi Banten, seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten, dan tamu undangan yang lainnya.