Hadiri HPN Bersama PWI Banten, Pj Gubernur Al Muktabar: Pers Berperan Strategis Menginformasikan Pembangunan

oleh -54 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten, Jumat (9/2/2024).

HPN tahun 2024 itu sendiri mengusung tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Selain memperingati HPN, dalam acara yang sederhana namun penuh kekhidmatan itu juga dilakukan tasyakuran HUT PWI ke-78 dengan memotong sebuah tumpang. Kegiatan itu diselenggarakan di kantor PWI Provinsi Banten, Jalan Ahmad Yani, Kota Serang.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar mengucapkan selamat memperingati HPN dan HUT PWI ke-78. Kemudian, Al Muktabar menilai dan merasakan langsung bagaimana peran pers itu sangat penting dalam memberikan informasi berbagai capaian pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Pemprov Banten.

Baca Juga:  Sertifikasi Aset untuk Tertib Fisik dan Tertib Hukum

“Ada banyak peran-peran yang telah dilakukan oleh pers. Tentu kedepan harapan itu terus kita gantungkan kepada pers sebagai bagian dari pilar demokrasi,” kata Al Muktabar.

Dikatakan Al Muktabar, saluran informasi yang dikabarkan oleh pers menjadi agenda publik yang satu kesatuan tidak bisa dipisahkan dengan upaya Pemprov Banten dalam menciptakan stabilitas daerah yang selama ini terjaga dengan baik.

Baca Juga:  Pemprov Banten Enggan Buka Data Jumlah Tenaga Medis Terpapar COVID-19

“Penyajian data yang tepat dan cepat itu merupakan sosial capital atau modal sosial pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Al Muktabar, pihaknya sangat terbuka kepada pers. Apa-apa yang mesti terinformasikan, Pemprov Banten terus mendorong dan terbuka. “Karena saya tidak anti kritik. Saya sangat terbuka untuk itu, saran dan keritik itu baik untuk evaluasi perbaikan dalam tata kelola pemerintahan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pemrpov Banten Sinergikan Pembangunan Melalui Digital

Terakhir, Al Muktabar berharap kepada pers agar tetap memberikan informasi yang sejuk dan damai kepada masyarakat, agar stabilitas daerah tetap terjaga dengan baik, Pemilu berjalan dengan lancar, inflasi terjaga, investasi terus tumbuh, sehingga roda ekonomi berjalan baik.

“Serta kita terus berupaya menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, bangga buatan dalam negeri dan bangga berwisata di Indonesia, ” ucapnya.

Hadir dalam kegitan tersebut, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra beserta jajaran dan insan pers yang lainnya.(js)