Pilar Banten
  • June 6, 2020
  • Last Update Jun 5, 2020 8:26 pm
  • Indonesia
Gubernur Banten Perintahkan Penyemprotan Disinfektan di Perumahan Sekitar RSUD Banten

Gubernur Banten Perintahkan Penyemprotan Disinfektan di Perumahan Sekitar RSUD Banten

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten yang dibentuk Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) melakukan penyemprotan disinfektan di perumahan yang terletak sekitar RSUD Banten. Penyemprotan itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi, mengingat RSUD Banten kini sudah menjadi pusat rujukan pasien Covid-19 di Banten.

“Semua fasilitas umum kita lakukan penyemprotan. Bahkan perumahan warga di sekitar RSUD Banten kita juga lakukan penyemprotan,” ujar Wahidin Halim, Sabtu (28/3/2020).

Mantan Walikota Tangerang dua periode ini menambahkan, RSUD Banten ini sengaja dijadikan sebagai RS pusat rujukan pasien Covid-19 dengan tujuan seluruh warga Banten, baik itu yang masih dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun sudah terkonfirmasi positif Covid-19, bisa ditangani dengan maksimal oleh petugas medis yang fokus dan profesional. Begitu juga dengan segala fasilitas penunjang lainnya yang telah kami siapkan sebaik-baiknya.

“Untuk melindungi masyarakat lainnya yang masih dalam kondisi sehat, Pemprov Banten melakukan pencegahan berupa penyempotan disinfektan. Upaya ini akan terus dilakukan sampai pada kondisi normal kembali,” jelasnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan di perumahan sekitar RSUD Banten, tim Gugus Tugas Covid-19 juga memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu memperbanyak konsumsi gizi yang seimbang, makan sayur dan bebuahan. Selain itu, bila masyarakat mengalami batuk pilek yang disertai dengan sesak nafas, untuk langsung mengonsultasikannya ke fasilitas kesehatan terdekat.

Selanjutnya, masyarakat juga dihimbau agar rajin cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan kegiatan di luar atau setelah menyentuk sesuatu. Yang terakhir, masyarakat dihimbau agar rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Sementara itu kepada BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, sesuai dengan arahan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 kali ini melakukan penyemprotan disinfektan di perumahan sekitar RSUD Banten. Hal itu dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang tinggal di sekitar RSUD Banten.

“Bapak Gubernur mengintruksikan dengan tegas agar tim ini melakukan penyemprotan disinfektan dengan segera di sekitar RSUD Banten. Karena beliau tidak mau masyarakat di sekitar RSUD menjadi resah” ujar Nana.

Sebelumnya, tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten ini juga melakukan penyemprotan di wilayah Tangerang Raya yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten. Beberapa hari kemudian, tim ini juga melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik di Kota Serang yang bekerjasama dengan Satpol-PP, TNI dan Polri. (Rey/Al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *