Ganjaran Buruh Berjuang Sepakat Jalin Kerja Sama dengan DPC Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Tangerang

oleh -11 Dilihat
oleh

LEBAK, PILARBANTEN.COM – Ketua Umum Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Lukman Hakim melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tangerang di Training Center SPN, Maja, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (2/4/2023).

Tidak hanya melakukan MoU saja, GBB dan SPN melangsungkan kegiatan pemberdayaan yang sekaligus sebagai ajang silaturahmi bersama para buruh di wilayah tersebut.

“Alhamdullilah GBB dan SPN mengadakan acara Bazar Ganjaran di bulan puasa yang diselenggarakan tujuh hari ke depan serta diramaikan dengan kegiatan memancing gratis dan lomba memancing,” ujar Lukman.

Lukman menambahkan kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kalangan buruh yang sekaligus menyosialisasilan sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

“Selain itu, kami melakukan MoU dengan SPN Kabupaten Tangerang dengan tujuan melakukan kerja bersama dalam mencetak buruh yang unggul, sekaligus sebagai sarana sosialisasi Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024,” tambahnya.

Saat ini, GBB dan SPN sudah menyiapkan beberapa program baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan.

Dalam kegiatan tersebut GBB dan SPN menargetkan ribuan buruh yang terjaring selama tujuh hari kegiatan tersebut dilaksanakan.

“Kami memiliki beberapa program lanjutan, diantaranya pelatihan vokasi atau keterampilan untuk pekerja dan korban PHK. Kemudian yang sudah berjalan, yaitu Warung Ganjaran,” lanjutnya.

Ke depannya, GBB sudah mempersiapkan program pengembangan bagi para buruh guna memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi oleh para buruh.

“Dalam waktu dekat kami akan mengadakan forum musyawarah yang terkait industrial dan kami ingin mendorong agar GBB dan SPN bisa memberikan alternatif penyelsaian di kalangan perburuhan sekaligus mencari jalan dalam mencitrakan buruh itu sendiri,” kata dia.

Selain itu, GBB juga mempersiapkan untuk melakukan MoU lanjutan dengan SPN di beberapa daerah, seperti di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Lukman berharap GBB akan memperkuat posisinya sebagai sukarelawan Ganjar Pranowo sekaligus memberikan advokasi dan penyelsaian persoalan di kalangan buruh dengan menjalin kerjasama dengan organisasi lainnya.

“Harapannya kami ingin lebih bersinergi tidak hanya dengan SPN saja. Kami juga ingin mengajak organisasi lain seperti Kartek dan KSBSI untuk melakukan kerja bersama untuk mencitrakan buruh, menguatkan kesejahteraan buruh dan sekaligus memperkuat citra dari Pak Ganjar sebagai Presiden 2024,” ungkap Lukman.

Senada dengan Lukman, Ketua Umum DPP SPN Joko Heriyono mengungkapkan komitmennya dalam mendukung program GBB kedepan.

“Komitmen kerja SPN bersama GBB sudah disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan turunan dari DPP SPN ke wilayah DPC Kabupaten Tangerang dalam menjawab tantangan secara konkret,” ungkap Joko.

“Kami menerima dengan baik kehadiran GBB dan kedepan kita akan melakukan kerja bersama dalam menyelsaikan persoalan yang berkaitan dengan hubungan industrial, sentra pelayanan perburuhan dan masalah jaminan usia kerja,” sambung dia.

Joko berharap dengan adanya kerjasama tersebut terjadi peningkatan kualitas kapasitas buruh secara berkelanjutan.

“Selama ini kan buruh identik dengan lapangan, sehingga dengan kegiatan tersebut jadi seimbang, menang di pengaruh publik dalam hal ini jalanan, kemudian menang juga saat berunding,” pungkasnya. (loet)