Dukung Program Pendidikan, Bupati Serang Sumbangkan Lahan untuk Untirta

oleh -9 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menghadiri Sidang Senat dalam rangka Dies Natalis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang ke-41. Pada momen tersebut, Tatu secara simbolis menyumbangkan lahan untuk Untirta.

“Kami berharap, saya secara pribadi atas nama Pemda Kabupaten Serang tentunya akan lebih meningkatkan lagi (kerjasama) di bidang-bidang yang lainnya,”ujar Tatu di Kampus Untirta Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

“Karena saya punya keinginan, dan juga telah menyampaikan bahwa jurusan-jurusan yang ada d Untirta ini untuk langsung di sinergikan dengan dinas-dinas yang ada di Kabupaten Serang, seperti Dinas Pertanian dan dinas lainnya,”tambah Tatu.

Dengan demikian, baik Pemda Kabupaten Serang dan masyarakat Kabupaten Serang menjadi tempat mahasiswa-mahasiswa Untirta untuk kuliah lapangan. Supaya apa, ungkap Tatu agar mereka matang, mereka mengimplementasikan ke lapangan supaya mereka bisa menerapkan teori- teori yang mereka dapatkan di kampus. “Jadi ketika lulus mereka siap kerja,”katanya.

Terkait Dies Natalis Untirta yang ke-41, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang mengucapkan selamat dies natalis untuk Untirta yang ke 41. Mengingat, selama ini Pemda Kabupaten Serang sudah berkolaborasi dalam pembangunan.

“Karena seperti yang saya sampaikan bahwa pembangunan Kabupaten Serang, kita pembangunan yang penta helix dari semua unsur yang terkait, disana hadir bersama-sama untuk membangun,”terang Tatu.

Menurut Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten ini Pemda Kabupaten Serang, perguruan tinggi dalam hal ini Untirta kemudian juga dunia usaha dan teman-teman media ini satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

“Alhamdulillah untuk Pemda Kabupaten Serang dan Untirta sudah berjalan baik itu dalam penelitian kemudian juga pemberdayaan masyarakat, pengabdian kepada masyarakat. Alhamdulillah semuanya sudah berjalan,”papar Tatu.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan menyerahkan lahan untuk Untirta secara simbolis dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) lahan untuk pengembangan Kampus Program Pendidikan Keperawatan (D3 dan S1) dan Profesi Ners Untirta, yang dilakukan Rektor Untirta Fatah Sulaiman dan Bupati Serang Ratu Chasanah.

Penandatanganan disaksikan oleh Kepala LLDIKTI IV Wilayah Jawa Barat dan Banten Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Samsuri. “Lahan untuk perluasan Fakultas Akper diharap Untirta bisa memanfaatkan lebih maksimal lagi,”jelas Tatu.

Serah terima lahan ini merupakan kelanjutan pelimpahan Akper Pemkab Serang kepada Kemenristek Dikti RI Tahun 2017 lalu. Masih ada sisa lahan seluas 1.419 m2 di lingkungan eks Akper Jalan Letnan Jidun No. 7C, Kepandean, Lontar Baru, Kota Serang.

Turut hadir Tokoh Masyarakat Banten Embay Mulya Syarif, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, perwakilan Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Serang Sugihardomo.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengatakan merupakan kado terindah pada momen Dies Natalis Untirta ke-41 atas penyerahan hibah lahan dan Pemda Kabupaten Serang. “Ibu Bupati sangat support untuk akselerasi pembangunan yang lain dengan memberikan lahan tambahan ini, kado terindah dies natalis Untirta yang ke 41,”ujarnya.

Kepala LLDIKTI IV Wilayah Jawa Barat dan Banten Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Samsuri berharap ke depan Untirta lebih banyak membangun kolaborasi dengan dunia usaha dan industri, bukan hanya lokal tetapi multi internasional. “Supaya apa, supaya lulusannya semakin berkualitas banyak hadir dimana-dimana,”ujarnya.(js)