Dinasti Politik di Kota Cilegon Tumbang

Dinasti Politik di Kota Cilegon Tumbang

Serang, Pilarbanten.com – Calon petahana Ati Marliati tumbang di perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020. Anak mantan Wali Kota Cilegon dua periode Tb Aat Syafaat itu maju kembali di periode kedua bersama politisi Gerindra Sokhidin.

Perolehan suara pasangan petahana ini dibawah pasangan nomor urut 4 Helldy Agustian-Sanuji yang mendapatkan suara tertinggi 75.449 suara. Ati-Sokhidin hanya mendapatkan 64.815 suara berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara.

Sementara, pesinetron cinta Fitri Lian Firman yang mendampingi tokoh Kota Cilegon Ali Mujahidin memperoleh 47.482 suara. Kemudian pasangan nomor urut 3 Iye Uman Rohiman-Awab, mendapatkan 31.496 suara.

“Selesai sudah pleno terbuka untuk (pilkada) Kota Cilegon. (Peraih suara tertinggi) di nomor 4 (Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta),” kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, saat dikonfirmasi, Rabu (16/12/2020).

Dari empat pasangan calon, hanya saksi dari calon petahana yang menolak tanda tangan hasil rekapitulasi perolehan suara. Mereka pun akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami akan menunggu lima hari kedepan, untuk menetapkan paslon pemenang pilkada Kota Cilegon. Jika ada aduan ke MK, maka penetapan pemenang dilakukan menunggu putusan dari MK,” katanya.

Untuk diketahui, Ratu Ati merupakan puteri mantan Wali Kota Cilegon dua periode Tb Aat Syafaat periode 2000 hingga 2010 dan kakak dari Tb Iman Ariyadi yang juga pernah menjabat Wali Kota Cilegon menggantikan ayahnya Tb Aat.

Tb Aat tersandung kasus korupsi dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembangunan Dermaga Trestle Kubangsari, Kota Cilegon, pada April 2012. lalu sang adik Tb Iman ditangkap KPK terkait kasus dugaan suap izin analisis dampak lingkungan (Amdal) PT Transmart pada 2017 saat menjabat Wali Kota aktif.

Kemudian, Ati yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Cilegon dilantik menjadi Wakil Wali Kota Cilegon.(War/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: