Pilar Banten
Dewan Janji Tindaklanjuti Aspirasi Kepsek Swasta

Dewan Janji Tindaklanjuti Aspirasi Kepsek Swasta

Serang, – Aspirasi puluhan kepala sekolah swasta yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (Fokks) Kota Serang terkait usulan peningkatan insentif akan ditindaklanjuti oleh DPRD.

DPRD Kota Serang dalam waktu dekat akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang untuk membicarakan aspirasi Fokks itu.

“Mereka ini adalah guru saya, yang hadir ingin menyuarakan keresahan mereka atas perlakuan yang berbeda dari Pemkot Serang,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Serang Hasan Basri seusai menerima audensi Fokks, Senin (29/11/2021).

Menurut politisi PKS ini, kalau berbicara masalah peran mencerdaskan anak bangsa, terutama anak-anak Kota Serang, tentu tidak hanya sekolah negeri saja yang berperan.

“Tetapi juga sekolah swasta yang banyak melahirkan siswa para juara yang berprestasi,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya akan memanggil Kepala Disdikbud untuk membicarakan persoalan itu. “Karena yang mereka persoalkan itu terkait Perwal nomor 12 tahun 2020, yang hanya memasukkan guru honorer di sekolah negeri saja,” ungkapnya.

Atas hal itu, ada beberapa pilihan yang akan diambil dalam menyerap aspirasi para guru honorer di sekolah swasta ini, bisa dalam bentuk revisi Perwal dan Perda atau membuat regulasi baru.

“Karena hal ini kan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi semuanya oleh pemerintah dengan APBD yang ada,” ucapnya.

Disinggung terkait kekuatan APBD Kota Serang, Hasan mengungkapkan persoalan kesejahteraan guru ini bukan soal kekuatan APBD. Tetapi lebih kepada pemenuhan akan amanah Undang-undang yang mengatur terkait alokasi untuk sektor pendidikan.

“Jadi bagaimana dengan anggaran 20 persen atau lebih itu, bisa dirasakan oleh semuanya,” katanya.(loet)

Tinggalkan Balasan