Pilar Banten
Cerita Konten Kreator di Banten, Dari Lestarikan Bahasa Jaseng Dan Dapat Cuan

Cerita Konten Kreator di Banten, Dari Lestarikan Bahasa Jaseng Dan Dapat Cuan

Serang, – Tak bisa dipungkiri kreativitas menjadi sesuatu yang dihargai begitu tinggi. Kehadiran aplikasi media sosial seperti YouTube dan Instagram memberikan tempat untuk berkreasi bahkan mengahsilkan pundi-pundi rupiah.

Di Banten sendiri banyak konten kreator yang berhasil memikat pengikutnya. Berawal dari hobi kini menjadikan konten sebagai ladang usaha. Tak hanya itu, sebagian konten kreator di bumi Jawara ini memiliki misi tertentu untuk membawa kembali bahasa daerah Jaseng (Jawa Serang) terdengar di tempat tongkrongan.

Salah satu konten kreator yang melestarikan bahasa Jaseng adalah Bobby. Milenial asal Kota Serang ini awalnya hanya hobi bernyanyi kemudian mengupload video ke YouTube dan Instagram. Namun tak disangka videonya ditonton banyak orang.

Setelah itu dia mulai rutin membuat konten cover lagu dengan menggunakan handphone waktu awal-awal membuat konten.

“awal-awal pake kamera hp, sekarang sudah menggunakan kamera yang sudah lumayan,” kata pemilik akun YouTube Bobob saat berbincang-bincang, Jumat (26/11/2021).

Semakin lama konten Bobby makin kreatif. Bahkan saat ini dia lebih banyak membuat konten cover lagu dan komedi pendek dengan menggunakan bahasa Jawa Serang dan Inggris atau dia sebut Jasenglish.

Salah satu konten yang membuat nama Bobby makin terkenal yakni konten cover lagu hits kaula muda saat ini ‘Its Only Me’ menggunakan bahasa Jasenglish. Di Instagram bobby sudah mendapatkan centang biru dengan followers 34,1 ribu dan memiliki 7,94 ribu subscriber.

Bobby menjelaskan, alasan dirinya membuat konten Jasenglish adalah untuk mengajak milenial di Kota Serang untuk tidak malu berbahasa Jaseng di tempat tongkrongan. Sebab, kata Bobby, masih banyak milenial yang takut menggunakan Jaseng khawatir kena bully dan dianggap gak keren.

Hal itu pun pernah dirasakan oleh dirinya sendiri saat ditempat tongkrongan.”Padahal kan itu bahasa daerah orang Sunda aja gak malu pake bahasa Sunda,” katanya.

Proses tak pernah mengkhianati hasil, kini konten Jasenglish Bobby mulai digemari kaum milenial. Bahkan dia kerap mendapat permintaan dari netizen untuk mengcover lagu tertentu dengan Jasenglish.

Tak hanya itu dari karya-karyanya di YouTube dan Instagram Bobby telah mendapatkan pundi-pundi rupiah, bahkan, di Instagram dia telah mendapat penghasilan endors.(kusno)

Leave a Reply