Bupati Serang Gandeng BPKP Banten Wujudkan Pembangunan yang Akuntabel

oleh -4 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten guna mewujudkan program unggulan yang akuntabel. Salah satunya saat ini yang tengah dilaksanakan pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang di Kecamatan Ciruas dan Kragilan.

Hal itu dikatakan Tatu usai menerima kunjungan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten Farid Firman beserta jajaran di pendopo bupati pada Selasa, 7 Februari 2023. Kata Tatu, proyek-proyek strategis biasanya program unggulan salah satunya saat ini Kabupaten Serang sedang menyiapkan Puspemkab (Pusat Pemerintahan Kabupaten) Serang.

”Itu biasanya sifatnya ke arah anggaran yang lebih besar, biasanya kita minta di kawal sana sini supaya dalam pelaksanaannya tidak ada kesalahan. Kemudian, saran masukan dari sana sini terutama BPKP selaku mentor kami sangat membantu kami jajaran Pemda Serang,”ujarnya kepada wartawan.

Hal demikian, kata Tatu, sebagai tindak lanjut antara Pemkab Serang dan BPKP Provinsi Banten dalam hal ini Inspektorat dan para kepala OPD sudah sejak lama didampingi ketika pelaksanaan program-program tahunan oleh BPKP. ”Pada hari ini sebetulnya Kepala Perwakilan BPKP untuk silaturahmi, beliau hadir ke sini tentunya sangat penting kehadirannya disini untuk kami jajaran Pemda Serang dalam pelaksanaan untuk penganggaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi,”katanya.

”Kami sangat membutuhkan pendampingan BPKP ini karena yang di rasakan oleh pemda dari tahun ke tahun sangat terbantu, misalnya dari pelaksanaan kami di perjalanan dari pada nanti kami di ujung ada baru ketahuan salah lebih baik sering berkonsultasi, sering meminta pandangan atau shering dan meminta arahan,”papar Tatu.

Disisi lain terkait dalam penyelesaian temuan-temuan, Tatu menegaskan jika hal demikian merupakan wajib misalnya tugasnya yang harus dilaksanakan oleh inspektorat atau OPD lainnya. ”Itu wajib di selesaikan. Semangat kita semua ya semangatnya untuk perbaikan, jadi kehadiran BPKP ini untuk mengawal, memastikan program Pemda Serang yang belum baik harus di perbaiki, yang baik harus di pertahankan. Intinya meningkatkan ke arah lebih baik dalam pertanggungjawaban dan pelayanan kepada masyarakat,”tuturnya.

Senada disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten Farid Firman. Kata dia, bahwa kunjungan pertamanya bersama jajaran ke Bupati Serang untuk bersilaturahmi dan berkenalan serta berkoordinasi untuk pengawasan kedepannya karena baru dikukuhkan tiga bulan yang lalu oleh Pj Gubernur Banten.

”Jadi yang tujuannya adalah bagaimana BPKP bisa mengawal Kabupaten Serang ini menjadi lebih baik, terbukti dari penilaian SPIP maupun PKIP nya sudah ada peningkatan dari Kabupaten Serang sendiri,”ujarnya.

”Kami juga akan mengawal program-program khusus yang menjadi perhatian bupati yang menjadi program-progam andalan oleh Ibu Bupati Serang bagaimana supaya lebih akuntabel,”jelas Farid.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten Farid Firman menyerahkan Sertifikat Maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Turut mendampingi Inspektur Rudi Suhartanto, Kepala Bappeda dan Litbang Rachmat Maulana dan Kepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi.(js)