Pilar Banten
BPBD Pastikan Alat Deteksi Tsunami di Pesisir Banten Berfungsi Dengan Baik

BPBD Pastikan Alat Deteksi Tsunami di Pesisir Banten Berfungsi Dengan Baik

Serang, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten memastikan Early Warning System (EWS) atau pendeteksi dini tsunami di pesisir Banten masih berfungsi dengan baik.

“EWS di Banten yang dimiliki BMKG Insya Allah berfungsi dengan baik,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana saat dikonfirmasi, Rabu (15/12/2021).

Dia menjelaskan, saat terjadi gempa bumi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sempat dinyatakan berpotensi terjadi bencana tsunami, pihaknya melakukan mengecekan ke seluruh alat diteksi tsunami yang ada di pesisir Banten. Kondisinya dalam keadaan baik, sirine peringatan akan menyala jika ada ancaman tsunami.

“Untuk kondisi NTT potensi tsunami dinyatkan untuk seluruh Indonesia oleh BMKG. Tetapi sudah dinyatkan secara resmi oleh BMKG potensi itu sudah tidak ada, tapi tetap waspada,” katanya.

Kemudian, pihaknya sudah memerintahkan kepada setiap industri yang berdekatan di pesisir untuk menyalakan sirine jika terjadi ancaman bencana tsunami.

“Termasuk dewan Mesjid menyurati musala-musala untuk menyalakan kentongan dimasing-masing lingkungannya bila ada ancaman tsunami,” tutupnya

Kemudian dalam rangka memperkuat mitigasi bencana, BPBD Banten pun telah mengirimkan surat terkait kewaspadaan dini tsunami ataupun bencana alam lain seperti banjir dan longsor akibat cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.

“Dan kita sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh perwakilan dari masing-masing kecamatan di seluruh kab/kota,” katanya.(kusno)

Tinggalkan Balasan