Pilar Banten
Bintara Remaja Polwan Polda Banten Dilatih Search and Rescue

Bintara Remaja Polwan Polda Banten Dilatih Search and Rescue

Serang, – Bintara Remaja Polisi wanita (Polwan) Polda Banten dilatih kemampuan Search and rescue (SAR) bertempat di Tower Wira Satya Satbrimob Polda Banten pada Kamis (16/12).

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Koordinator (Pakor) Polwan Polda Banten Akbp Maya Heni Hitijahubessy didampingi Instruktur SAR Bripka Inay yang diikuti oleh Bintara Remaja Polwan Polda Banten angkatan 49.

Kemampuan yang dilatih dalam kegiatan tersebut yaitu latihan tali temali (pionering), turun dari ketinggian (rappeling), penyelamatan korban didalam sumur (vertical rescue) dilengkapi peralatan mountaineering.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menyampaikan bahwa, “Keterampilan pionering, rappeling dan vertical rescue tetap penting dalam membantu menghadapi tantangan tugas dilapangan tidak terkecuali Polwan,” ujar Dwi Yanto Nugroho.

“Artinya Polwan diberikan kesempatan yang sama dalam hal pelatihan setara dengan polisi laki-laki dan dianggap mampu menghadapi tantangan tugas dilapangan,” tutup Dwi Yanto Nugroho.

Selanjutnya, Pakor Polwan Polda Banten Akbp Maya mengatakan bahwa, “Hari ini saya mengajak Bintara Remaja Polwan Polda Banten angkatan 49 untuk latihan SAR khususnya mountaineering berupa pionering, rappeling dan vertical rescue agar adik adik Polwan ini memiliki kemampuan dasar SAR, ketika nanti di lapangan mereka dibutuhkan untuk menolong korban khususnya wanita, mereka sudah mampu,” kata Maya.

Diakhir Maya menjelaskan bahwa pelaksanaan tugas di lapangan antara Polwan dengan Polisi laki-laki tidak ada bedanya, kemampuan apa saja harus dilatihkan supaya ketika nanti dibutuhkan personel Polwan bisa diandalkan, mengingat tugas Polwan tidak hanya dalam hal SAR saja tetapi penanganan tindak kejahatan juga bisa dilakukan oleh Polwan. (Kusno)

Tinggalkan Balasan