Banyak Siswa di Lebak Putus Sekolah Dan Buta Aksara Selama Belajar Daring

Banyak Siswa di Lebak Putus Sekolah Dan Buta Aksara Selama Belajar Daring

Lebak,- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyebut banyak siswa di wilayahnya yang putus sekolah dan buta aksara selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui daring atau online.

Hal itu disebabkan masih banyak daerah di Kabupaten Lebak yang mengalami blank spot dan kekurangan tenaga pengajar.

“Dan ini yang kita khawatirkan di Lebak terjadi putus sekolah dan buta aksara nanti kita akan evaluasi kedepan (sekolah tatap muka),” kata Iti kepada wartawan, Senin (15/3/2021).

Dia menceritakan betapa sulitanya para tenaga pendidik di wilayahnya mengajar secara jarak jauh ditengah keterbatasan sinyal internet. Mereka harus mendatangi rumah siswa satu persatu dengan jarak tempuh dan medan yang cukup sulit, mengingat sejumlah akses jalan di pedalaman Lebak rusak.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak ada sebanyak 52 daerah di wilayahnya blank spot.

“Memerlukan waktu yang banyak dan di Lebak juga daerahnya tidak flat, melalui jembatan dan sebagianya itu mengalami kesulitan walaupun sekolahnya hanya 2 jam,” katanya.

Disampaikan Iti, kondisi ini pun diperparah dengan jumlah tenaga pengajar yang terbatas di Kabupaten Lebak. Sebanyak 700 guru pensiun selama 2020, sementara guru yang masuk melalui CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) hanya sebanyak 169 orang.

“Tidak menutup tenaga pengajar yang pensiun itu jadi makanya tadi untuk meminimalisir siswa putus sekolah kita akan buka tatap muka kedepan,” katanya.

Iti mengatakan, saat ini Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 bersama Dinas Pendidikan Lebak sedang melakukan pemetaan zona wilayah resiko penyebaran COVID-19 dan mempersiapan sarana protokol kesehatan sekolah.

” Selanjutnya Gugus tugas Lebak tugasnya mengajukan ke tim gugus tugas pusat nanti akan disurvei kelayakannya,” katanya.(Anwar/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: