Baksos Kemensos di Kabupaten Serang Kucurkan Bantuan Capai Rp1,3 Miliar 

oleh -45 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan program bakti sosial atau baksos untuk masyarakat Kabupaten Serang capai Rp1,3 miliar. Penyaluran secara simbolis oleh Sekretaris Direktorat Jendral (Ditjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Salahudin kepada para penerima manfaat di Kecamatan Pabuaran pada Jum’at, 14 Juni 2024.

 

Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Salahudin mengatakan, penyaluran baksos merupakan Program Atensi Rehabilitasi Sosial dan Program Pena. Kementrian Sosial memberikan bantuan kepada penerima manfaat terutama yang masuk dalam kategori masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan data Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

 

Baca Juga:  Antusias Masyarakat di Roadshow LKBA 2024 Cerminan Semangat Menjaga Kebersihan

”Bantuan ini sebagai bukti negara hadir untuk memastikan bahwa mereka data mereka diterima untuk menerima bantuan. Kemensos tujuannya bagaimana sampai langsung ke masyarakat tanpa harus melangkahi dinas sosial baik tingkat provinsi maupun kabupaten dna kota, tapi membangun sinergitas,”ujarnya.

 

Sehingga sambung Salahudin, kehadiran kemensos diharapkan menjadi inisiatif untuk bisa lebih mendekatkan kepada masyarakat. Dengan demikian, jika kemensos saja mau hadir di tengah masyarakat otomatis pemerintah provinsi, kota dan kabupaten pasti melakukan hal yang sama.

 

”Tujuannya tidak ada yang lain kecuali untuk memastikan bahwa kehadiran negara sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang, itu terwujud di tengah-tengah masyarakat,”ungkapnya.

Baca Juga:  Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H, Yonif 318/AY Gelar Sholat dan Halal Bihalal Bersama

Sekadar diketahui bantuan Kemensos untuk Kabupaten Serang pada kegiatan baksos berupa program Atensi Rehabilitasi Sosial dan Program Pena mencapai Rp 1.324.821.660 (satu miliar Tiga Ratus Dua Puluh Empat Juta Delapan Ratus Dua Puluh Satu Ribu Enam Ratus Enam Puluh Rupiah) rinciannya meliputi.

 

Alat bantu disabilitas senilai Rp 500.531.000, Paket Sembako dan Nutrisi Rp. 584.075.660, Sarana Kamar senilai Rp. 17.550.000, Pemberdayaan Masyarakat senilai Rp. 120.600.000, Bantuan Transport Penerima Manfaat Lansia Katarak dan Penyandang Disabilitas senilai Rp. 78.200.000, dan Program PENA dari Direktorat Pemberdayaan KAT & KS senilai Rp. 23.865.000

 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang Subur Prianto mengapresiasi atas rangkaian bakti sosial yang dilaksanakan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Pihaknya juga menyambut baik atas bantuan yang disalurkan yang diperuntukan khususnya masyarakat Kabupaten Serang. ”Kami sangat berterima kasih, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para penerimaan manfaat masyarakat Kabupaten Serang,”ujarnya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dampingi Wapres KH Ma'ruf Amin Peringati Gebyar Muharam 1446 Hijriah

 

Adapun bagi para penerima manfaat yang menerima bantuan saat ini meliputi para penyandang disabilitas, penyandang operasi katarak dan layanan sosial lainnya yang memang belum mendapatkan layanan atau bantuan. ”Ini adalah satu bentuk kerjasama kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sinergitas yang memang kita harus saling mendukung,”ucapnya.(js)