Baby Lobster Bernilai Miliaran Rupiah Gagal Dikirim Ke Vietnam

Baby Lobster Bernilai Miliaran Rupiah Gagal Dikirim Ke Vietnam

Cilegon,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menggagalkan penyelundupan sebanyak 84 ribu baby lobster tujuan Vietnam. Benih lobster yang dibawa dari Serang itu akan dibawa terlebih dahulu ke Sumatera.

“Ada 84 ribu (benih) yang akan disebrangkan ke Lampung dan akan diselundupkan ke Vietnam,” kata Danlanal Banten Kolonel Laut Budi Iriyanto saat dikonfirmasi, Rabu (9/6/2021).

Budi menyebut ada dua orang yang ditangkap dalam kasus ini berinisial AD (33) dan AF (32) berasal dari Desa Ulak Ata, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara. Mereka merupakan sopir dan pemilik mobil.

“Yang bersangkutan tidak memiliki dokumen resmi dan taksiran kerugian negara mencapai Rp7,8 miliar,” katanya.

Dia menjelaskan pengungkapan itu bermula saat Tim Satgas Wanara Sakti 21 mendapat informasi akan ada pengiriman benur dari Serang melalui Pelabuhan Merak Banten pada Selasa (8/6/2021) pukul 23.48 WIB. Kemudian pada Rabu (9/6/2021) pagi petugas berhasil mengamankan mobil kijang Inova warna silver Plat B 2029 PBC yang mengangkut baby lobster.

“Ditemukan 14 kotak steropom dengan isi sebanyak 84.000 ekor Benur,” katanya.

Selanjutnya barang bukti dan tersangka diamankan di Mako Lanal Banten untuk selanjutnya akan diserahkan ke Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).(war)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: