Pilar Banten
Antisipasi Sebaran Virus Corona, Pemprov Lakukan Validitasi TKA

Antisipasi Sebaran Virus Corona, Pemprov Lakukan Validitasi TKA

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Terkait adanya dua WNI yang positif terjangkit virus Corona, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (AA) menugaskan dua OPD terkait untuk melakukan validasi jumlah TKA asal China dan lainnya yang bekerja di Banten.

Dua OPD itu yakni Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten. Dua OPD ini sudah ditugaskan untuk melakukan validasi data TKA ke pihak imigrasi. Karena data di imigrasi lebih lengkap dari pada yang lainnya.

“Besok sudah harus ada laporannya. Jika sudah dapat data dari pihak imigrasi, maka kita bisa dengan mudah melacak keberadaan TKA yang masuk ke Banten,” ujarnya seusai Rapat Pimpinan (Rapim) awal bulan di gedung Bappeda Provinsi Banten, Senin (2/4/2020).

Wagub menambahkan, validasi data itu penting dilakukan agar tidak ada lagi berita hoax yang meresahkan masyarakat yang terjadi beberapa waktu lalu berkenaan dengan TKA yang masuk ke Cilegon tanpa karantina. Pemprov memastikan, bahwa setiap WNA yang masuk ke Banten melakukan prosedur dan protap yang sudah diberlakukan.Jikapuna ada Pemprov sudah siapkan antisipasinya seperti apa. Karena virus ini sudah menjadi Pandemi global.

“Jangan sampai masyarakat dibuat gaduh dan merasa terancam,” tegasnya.
Pemerintah juga senantiasa melakukan langkah konkrit dalam mengantisipasi penyebaran virus ini. Seperti kemarin kita memulangkan mahasiswa Banten yang berada di China sesuai dengan protap yang berlaku. “Dan Alhamdulillah masyarakat Banten sudah kita pulangkan semua yang berada di China,” ucapnya.

Sementara itu Satgas pengawas tenaga kerja wilayah Serang Karyadi mengatakan, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukannya beberapa hari yang lalu terhadap TKA yang ada di Serang kondisinya dalam keadaan baik dan sehat.

Namun, meskipun demikian dirinya tetap menekankan kepada seluruh pengawas di setiap perusahaan binaannya untuk lebih intensif lagi dalam melakukan pengawasan.
“Sejauh ini sih masih baik-baik saja,” ujarnya saat dihubungi.

Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Provinsi Banten sendiri mencapai 600 orang. Jumlah itu paling dominan oleh pekerja yang berasal dari negara China. Namun demikian, kondisi Banten sampai saat ini masih aman dari adanya serangan virus Corona. (Rey/Al)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *