Amankan Tatu Panji, BSPN PDI P Serang Siapkan 3055 Saksi

Amankan Tatu Panji, BSPN PDI P Serang Siapkan 3055 Saksi

Serang, – Badan Saksi Nasional Pemilu (BSPN) PDI P Cabang Kabupaten Serang menyiapkan 3055 saksi untuk mengamankan pasangan Tatu – Panji pada Pilkada Kabupaten Serang 9 Desember 2020 nanti.

Demikian dikatakan Kepala BSPN Kabupaten Serang Mufrod Tama ditengah-tengah acara Training of Trainer (TOT) atau pelatihan untuk pelatih saksi Pilkada 2020 di salah satu Hotel Kawasan Cinangka Serang Minggu, (23/8/2020).

Menurut Mufrod, Semua saksi yang disiapkan akan dibekali dengan sejumlah pengetahuan khusus tentang tugas pokok hak dan kewajiban saksi pada proses pemilihan nanti.

Saksi-saksi tersebut menurutnya akan dilatih oleh pelatih saksi yang saat ini tengah melakukan pelatihan. “Kita membentuk 40 pelatih saksi. Mereka akan kita turunkan ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan pelatihan kepada calon saksi-saksi,” katanya.

Ia meyakini, dengan kesiapan saksi yang matang, suara Tatu – Panji akan dapat diamankan. “Tugas kita adalah mengamankan suara Tatu – Panji dari TPS hingga KPU,” ujarnya.

Selain menyiapkan saksi, pihaknya juga mengaku akab menyiapkan Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) minimal sebanyak jumlah TPS yang ada. “Selain 3055 saksi yang kita siapkan, kita juga menyiapkan Guraklih sebanyak jumlah saksi,” katanya.

Kepala BSPN Daerah Banten, Nasir mengatakan, dilaksanakan guna menempa para koordinator saksi atau pelatih saksi dalam hal pengetahaun kepemiluaan dengan mengawasi dan mengamati detail tahapan pemilihan yang sedang berjalan.

“Selain itu, juga untuk menempa keterampilan dalam penugasan melatih saksi di TPS”, katanya.

TOT untuk Cabang Serang ini menurutnya merupakan rangkaian kegiatan BSPN Banten untuk kabupaten/kota di Banten yang menggelar Pilkada.

“Sebelumnya kita sudah menggelar acara serupa untuk Cilegon dan Pandeglang. Dalam waktu dekat ini akan digelar untuk Kota Tangsel,” ungkapnya.(Reyno/Anwar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: