Pilar Banten
5 Desa Terisolir, 2 Orang Hilang Tertimbun Longsor

5 Desa Terisolir, 2 Orang Hilang Tertimbun Longsor

LEBAK, PILARBANTEN.COM – Lima Desa di Kecamatan Lebak Gedong terisolir akibat jalan utama menuju daerah tersebut longsor setelah diterjang banjir bandang pada, Rabu (1/1/2020) pagi.

Kelima desa yang terisolir di Kecamatan Lebak Gedong yakini, desa Banjarsari, Banjaririgasi, Lebak Gedong, Lebak Situ dan Ciladun.

Banjir bandang menimpa lima kecamatan di Kabupaten Lebak, diantara, Kecamatan Cipanas, Lebak Gedong, Curug Bitung, Maja dan Sajira.

“Untuk akses jalan menuju kecamatan Lebak Gdong belum bisa, masih ada jalan terputus dari arah Cipanas menuju ke arah Lebak Gedong. Yang bener-bener terisolir 5 desa,” kata Rahmat Sampurno Kabag Operasi Polres Lebak.

Rahmat menyampaikan, akibat terputusnya akses jalan ke desa tersebut, logistik bantuan makanan pokok untuk korban rumah rusak yang terdampak banjir bandang tersebut terhambat.

“Kita mengupayakan bantuan bisa masuk dan memperbaiki akses jalan karena belum bisa dilalui. Kita mengupayakan akses jalan supaya bantuan bisa masuk,” katanya.

Pihak kepolisian dan BPBD masih melakukan evakuasi dan pendataan jumlah pengungsi serta kerusakan dampak banjir bandang tetsebut.

“Korbam masih kita data. kerugian material berupa rumah dan dua korban yang belum ditemukan.Dua warga tertimbun untuk di daerah cipanas,” katanya.

Basarnas Banten melakukan pencarian dua orang hilang di kawasan Gunung Halimun Salak, tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

Tanah longsor setelah banjir bandang menerjang lima Kecamatan di Kabupaten Lebak. Korban hilang merupakan warga setempat, yakni seorang wanita bernama Ardha (65) dan seorang anak-anak bernama Rizky (8).

“Korban dua bilang,” kata Marhal, anggota dari Basarnas Special Group (BSG) Basarnas Banten, saat melalui pesan singka.

Marhal yang melakukan pencarian bersama tim gabungan kini tengah menginap di posko resort Halimun Salak untuk melanjutkan pencarian esok hari.

“Jadi kampung itu dikelilingi gunung, ada aliran air kaya irigasi, nah sektiran pagi jam 06.00an material longsor nerjang tiga rumah, salah satu rumah berisi 4 jiwa, dua hilang, dua selamat,” katanya. (Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: