Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter di Perairan Banten

Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter di Perairan Banten

Serang, Pilarbanten.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang mengeluarkan informasi peringatan dini tentang potensi gelombang tinggi di perairan Selatan Jawa, Provinsi Banten.

Kondisi ini diprediksi akan terjadi selama dua hari Jumat tanggal 30-Sabtu 31 Oktober 2020.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Klas 1 Serang Tarjono mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak sari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan aingin berkisar 5-25 knot. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut.

“Adapun wilayah yang diprediksi gelombang tinggi 4-6 meter ada selat sunda bagian barat dan selatan serta selatan Banten,”katanya saat dikonfirmasi.

Peluang ketinggian gelombang pesisir Lebak, Banten meliputi Pantai Binuangeun, Panggarangan, Sukamaju, Bagedur, Cihara, Bayah, Pulau Manuk, Panggarangan, Sawarna hingga Tanjung Panto. Lalu pesisir Pandeglang meliputi Panimbang, Tanjung Lesung, Sumur Binuangeun. Ketinggian antara 4 sampai 6 meter dengan kecepatan angin 15 knot atau 30 kilometer per jam.

“Sementar wilayah penyebrangan Merak-Bakauheni relatif cukup rendah 0,5-1,25 m,” katanya.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang sedang melakukan pelayaran ataupun yang sedang melakukan liburan di sekitar perairan Banten untuk tetap waspada menghadapi fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan dan gelombang tinggi.(War/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: