Wakili Putra Putri Kebudayaan Diajang Nasional, Wendi Akan Tampilkan Silat Kaserangan

oleh -13 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Wendi Juendi Pemuda asal Kecamatan Mancak Kabupaten Serang berhasil lolos menjadi putra putri kebudayaan nusantara’ untuk mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional. Pada ajang yang akan berlangsung 28 September-2 Oktober 2022 di Bandung tersebut, Wendy Juendi berjanji akan menampilkan silat kaserangan sebagai salah satu budaya khas Kabupaten Serang.

Wendy Juendi mengatakan saat ini dirinya menjabat sebagai putra putri kebudayaan Banten dan akan mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional. “Karena di Banten sendiri untuk pemilihan putra putri kebudayaan ini baru pertama kali jadi ini sebagai challenge (tantangan) untuk saya pribadi untuk mengangkat seputar kebudayaan yang ada di Provinsi Banten,” ujarnya saat ditemui di ruang Sekda Kabupaten Serang, kemarin.

Dirinya optimistis akan mendapatkan juara dalam ajang tersebut. Oleh karena itu ia pun meminta dukungan kepada seluruh masyarakat terutama Provinsi Banten untuk bersama sama me my bantu dirinya age bisa sukses dalam acara tersebut. “Supaya Provinsi Banten maju diajang nasional ini lebih baik lagi,” ucapnya.

Dalam ajang tersebut dirinya membutuhkan Vooting menggunakan Facebook, Instagram dan tiktok. Serta yang paling tinggi nilainya adalah vooting dengan menggunakan aplikasi Hoka. “Jadi selain mengandalkan diri saya pribadi itu juga mengandalkan dari masyarakat sekitar untuk memberi dukungan untuk saya pribadi,” katanya.

Kegiatan putra putri kebudayaan akan dilakukan pada tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Bandung. Wendy melihat kebudayaan di Kabupaten Serang sangar potensi dan besar. Terutama budaya Silat Kaserangan.

Oleh karena itu dirinya akan memperkenalkan Silat Kaserangan di tingkat nasional. Sebab Silat Kaserangan hanya ada di Kabupaten Serang. “Kalau kita bicara mengenai silat mungkin silat semua provinsi punya, tapi untuk Kaserangan sendiri hanya di Kabupaten Serang,” katanya.

Ia pun berjanji akan menampilkan Silat Kaserangan dalam ajang Pemilihan putra putri kebudayaan tersebut. Terlebih dirinya pun mengaku sudah mengetahui gerakan Silat Kaserangan. “Akan diperagakan disana di penampilan bakat,” ucapnya.

Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri yang menerima langsung Wendy Juendi mengatakan hari ini dirinya menerima audiensi Wendy Juendi putra asli Mancak yang ikut ajang pemilihan putra putri kebudayaan tingkat nasional. “Sekarang mewakili Banten di tingkat nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu kehadiran atau penampilan Wendy perlu mendapat dukungan dari semua pihak yakni Pemkab Serang dan Provinsi Banten. “Kemudian juga masyarakat karena pada akhirnya Wendy akan mengharumkan nama baik daerah, keluarga, baik Kabupaten Serang maupun Banten. Sehingga pada saatnya nanti saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Serang untuk mendukung Wendy di ajang pemilihan putra putri kebudayaan tingkat nasional,” ucapnya.

Sebelum mengikuti ajang di tingkat nasional tersebut Entus mengatakan Pemkab Serang akan membekali dengan pengetahuan budaya Kabupaten Serang lebih dulu. “Kemudian ada juga bekal untuk dia bisa tampil dengan baik di ajang itu,” katanya.(js)