Wabup Serang Dorong Tingkatkan Dana Insentif Kader Pos KB Desa

oleh -10 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa mendorong agar pemberian dana insentif bagi para kader Pos Keluarga Berencana (KB) Desa maupun Sub Pos KB Desa bisa ditingkatkan lagi. Mengingat peran kader adalah ujung tombak membangun keluarga di lapangan.

“Mudah-mudahan pemda ada kemampuan lebih kita tingkatkan lagi insentif hanya Rp75 Ribu untuk Sub Pos KB Desa dan Kader Pos KB Desa 150 ribu perbulan itu sangat prihatin mendengarnya, padahal mereka adalah ujung tombak kita membangun keluarga di lapangan. Makanya kedepan, kalau bisa saya harapkan insentif ditingkatkan,”ujar Pandji.

Hal itu dikatakan Pandji usai membuka Pertemuan, Koordinasi, Sosialisasi dan Evaluasi bagi Pengelola Program Bangga Kencana yang di gelar Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang di Lembah Hijau Desa Bandulu, Kecamatan Anyar pada Selasa, 13 Desember 2022.

Oleh karena itu Pandji memastikan akan mendorong agar Pemda Kabupaten Serang meningkatkan dana insentif kader Pos KB Desa meski meski nominal belum dianggap ideal, pihaknya akan mengajukan dengan angka Rp200 ribu perbulan akan tetapi akan dilihat terlebih dahulu kondisi keuangannya.

“Di angka Rp200 ribu itu karena jumlahnya banyak ada 1.450 kader di 29 kecamatan 326 desa, untuk satu desanya terdapat 4 TPD (Tim Penggerak Desa), Pos KB Desa dan Sub Pos KB Desa dan PL KB. Tapi yang pasti spirit nya sudah ada, kemauan politik kita sudah ada bahwa mereka harus mendapatkan perhatian lebih dari kita,”ungkapnya.

Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan bahwa pihaknya dengan mengumpulkan para pengelola program pembangunan keluarga berencana yang disebut institusi masyarakat pedesaan terdiri dari Penyuluh KB, Tenaga Penggerak Desa (TPD), Pos KB Desa dan Sub Pos KB Desa tujuannya rapat koordinasi, sosialisasi dan evaluasi terkait program yang sudah dilakukan selama 2022.

“Dalam momen sangat bermakna disamping sosialisasi dan koordinasi kita juga melakukan refresh terhadap Pos KB Desa Sub Pos KB Desa agar kedepan justru mereka semangat lagi membantu Program KB di Kabupaten Serang,”ujarnya.(js)