Srikandi Ganjar Banten Ajak Perempuan Khotmil Al-Qur’an untuk Tunggu Waktu Berbuka

oleh -10 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM, – Relawan Srikandi Ganjar Banten mengadakan Khotmil Al-Qur’an bersama para perempuan di Desa Ukirsari, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada Jumat, 7 April 2023.

Srikandi Ganjar menggandeng Organisasi Pemuda Kejuruan Bayur (OPKB) dalam menyelenggarakan kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 200 perempuan ini.

Khotmil Al-Qur’an sendiri, merupakan istilah untuk kegiatan pembacaan ayat Al-Qur’an dari awal surah hingga akhir surah di Al-Qur’an yang sesuai dengan urutan dalam mushaf Al-Qur’an

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Banten, Ila Kholilannisa menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengisi waktu tunggu berbuka puasa atau ngabuburit. Pembacaan Al-Qur’an dipimpin oleh salah satu tokoh agama setempat.

“Karena di bulan puasa, kami ingin memanfaatkan dengan kegiatan yang menambah pahala. Kami mengajak milenial-milenial khususnya di Kecamatan Bojonegara ini, untuk bersama-sama mengadakan khataman Al-Qur’an sambil menunggu buka puasa,” jelasnya.

Ini menjadi salah satu kegiatan Srikandi Ganjar Banten dalam rangkaian aksinya menyemarakkan bulan suci dengan berbagai kegiatan positif.

Ila berharap, selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini juga agar para peserta mendapat pahala dan keberkahan bulan Ramadan. Dirinya juga ingin kegiatan tadarus Al-Qur’an ini bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari oleh peserta.

“Kami mengadakan acara ini juga terinspirasi dari Pak Ganjar yang merupakan pemimpin yang sangat menghargai tradisi-tradisi Islam. Seperti di sini khataman dan tadarus,” kata Ila.

Srikandi Ganjar Banten pun berkomitmen untuk terus menebar kegiatan bermanfaat lainnya, khususnya di bulan Ramadan. Mulai dari sahur bersama, hingga pelatihan membuat hampers untuk lebaran.

Kolaborasi dengan OPKB Diharapkan Bisa Terus Terjadi

Perwakilan OPKB, Siti Umroh mengapresiasi kolaborasi antara Srikandi Ganjar Banten dengan OPKB bisa terus berlanjut untuk menggelar kegiatan bermanfaat lainnya di wilayah Banten.

“Semoga Srikandi Ganjar Banten bisa balik lagi ke sini dan bergabung bersama kami. Karena kami di sini ada kegiatan lainnya seperti senam dan voli untuk anak muda. Semoga ada kegiatan baru lainnya,” harap Siti.

Siti juga mengapresiasi kegiatan Khotmil Al-Qur’an yang terselenggara di wilayahnya. Dia menyebut, kegiatan tersebut memiliki berbagai manfaat.

Mulai dari mengisi waktu luang, mendapat pahala Ramadan, hingga manfaat untuk para pedagang kecil di sekitar wilayahna yang dagangannya telah dibeli oleh Srikandi Ganjar Banten.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut para relawan juga membagikan takjil secara gratis kepada para peserta dan masyarakat sekitar. Takjil-takjil tersebut dibeli dari para pedagang kecil di lingkungan sekitar. (loet)