Pilar Banten
Situ Hiyang Cikamunding Tempat Wisata Masih ‘Perawan

Situ Hiyang Cikamunding Tempat Wisata Masih ‘Perawan

Situ Hiyang, di Kampung Cikamuning Hiji, Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, merupakan salah satu objek wisata air yang dikelola oleh BUMDes Desa Cikamunding. Situ yang menawarkan keindahan alam di perbatasan Banten – Jawa Barat ini harus dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai suasana khas pedesaan.

Kepala Desa Cikamunding, Cilograng, Kabupaten Lebak Yayan Hendayana mengatakan di tempat wisata ini, para pengunjung bisa mandi, mancing dan makan dipinggir sawah. “Suasana alam pedesaan, spot selfi juga sangat bagus,” katanya, Minggu (21/11/2021).

Untuk bisa ke lokasi ini, dari Sawarna, ke Pasar Gunung Batu, Naik ojeg menuju situ Hiang Cikamunding. Atau bisa naik mobil yang ukuranya tidak terlalu lebar, karena untuk menuju lokasi akan melintasi jalan poros desa yang sempit.

Dari Peraturan Meteri Pekerjaan Umum dan Perumahan No.04/PRT/M/2015 tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai berada di WS Ciliman menjadi kewenangan Dinas PUPR Provinsi Banten. Yang berkaitan dengan perjinan pemanfaatan situ berada di Dinas PUPR Provinsi Banten.

“Kami sangat berharap juga agar Provinsi Banten ikut mengembangkan wisata di desa kami, ” katanya. (teguh)

Tinggalkan Balasan