Pilar Banten

Sindikikat pemalsu KTP dan SIM diringkus polisi di Serang

Sindikikat pemalsu KTP dan SIM diringkus polisi di Serang

MS (35) sindikat pemalsu dokumen negara seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Ijazah dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres Serang. Pria asal Sumatera Barat ini mengaku telah melakukan akainya selama satu tahun.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan MS melakukan aksinya di tempat toko foto copynya di Desa Teratai, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang dengan modus merubah KTP atau SIM ditimpal dengan data palsu menggunakan kertas foto kemudian dibungkus laminating.

“Sebetulnya ini nyambi aja yang ingin buat datang ke toko karena dia berprofesi sebagai tukan foto copy,” kata Kapolres saat ekspose di Mapolres Serang, Rabu (13/3).

Dia menjelaskan yang bersangkutan melakukan pemalsuan data menggunakan alat yang sederhana karena cukup menggunakan alat scener, komputer, alat laminating dan autan untuk menghapus data asli. MS memasang tarif bervariasi, Rp.100 ribu, KTP Rp.50 ribu, Ijazah dan SKCK Rp.20 ribu.

Berdasarkan pengakuan MS, para pemesan dokumen palsu ini digunakan untuk melamar kerja dan mendaftar sekolah.”Kalau dalam hal ini tidak ada kaitannya dengan pemilu,” katanya.

Akibat perbuatannya MS telah melanggar pasal 264 ayat 1 tentang pemalsuan domumen negara dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara.

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: