Ribuan Goweser Meriahkan Rangkaian HUT ke-496 Kabupaten Serang

oleh -5 Dilihat
oleh

Serang Pilarbanten.com – Ribuan Goweser dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Serang mengikuti ajang Fun Bike yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Acara tersebut dilakukan, dalam rangka memeriahkan rangkaian HUT Kabupaten Serang ke 496.

Fun Bike yang dinahkodai Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ini, dimulai dari lapangan Begog, Kecamatan Waringinkurung, hingga berakhir di Danau Tasikardi, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Para goweser, berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dari garis star dan finish sekitar pukul 09.00 WIB. Tiba di Danau Tasikardi, telah disediakan door prize dan para goweser telah mengantongi kupon undiannya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Fun Bike ini merupakan penutup dari serangkaian kegiatan HUT Kabupaten Serang ke 496, yang dimulai dari lapangan Begog, Kecamatan Waringinkurung, hingga berakhir di Danau Tasikardi, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Selama perjalanan, para goweser melintasi sepanjang ruas jalan kabupaten yang telah di betonisasi.

“Kabupaten Serang setiap tahunnya terus membenahi insfrastruktur jalan, hingga pelosok desa, dan Alhamdulilah 600 Kilometer ruas jalan kabupaten telah berhasil kami betonisasi. Namun, kami terus melakukan pembenahan jalan khususnya di pelosok-pelosok desa, agar akses perekonomian masyarakat lancar,” katanya kepada wartawan disela-sela kegiatan Fun Bike pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Tatu mengatakan, bersepeda ini diharapakan dijadikan olahraga rutin yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Serang, karena untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Menurutnya, antusias dari berbagai kalangan saat mengikuti Fun Bike ini menjadi contoh bahwa masyarakat Kabupaten Serang masih memiliki jiwa simpati yang tinggi.

“Saya berharap, olahraga ini menjadi kebiasaan masyarakat, karena untuk sehat itu kita harus berupaya, salah satunya dengan olahraga. Tadi, Alhamdulillah cukup banyak yang berpartisipasi pada Fun Bike ini, ada dari komunitas bikers ikut bergabung, para ASN Pemkab Serang, pemerintah kecamatan dan desa, serta masyarakat Kabupaten Serang, ikut bersepeda bareng dari mulai Waringinkurung sampai Tasikardi Kramatwatu,” ujarnya.

Dikatakan Tatu, sebelum pandemi Covid-19 Pemkab Serang memiliki event Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) yang biasanya mengundang para komunitas pesepeda dan komunitas lari. Karena, saat ini Kabupaten Serang memiliki rute yang bagus baik untuk pemula maupun profesional.

“Banyak jalan yang sudah dibeton, sangat bagus untuk para pemula maupun profesional. Sehingga, mudah-mudahan setelah pandemi Covid-19 kita bisa mengadakan event AKCF lagi. Karena, event seperti itu juga menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan terus menerus datang ke kawasan wisata Anyer Cinangka,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Beni Kusnandar mengatakan, para peserta yang mengikuti Fun Bike ini diperkirakan mencapai 2 ribu peserta, yang berasal dari komunitas, OPD Pemkab Serang, pemerintah kecamatan dan desa.

“Angka pastinya kita kurang tau, tapi kami undang sebanyak 2 ribu peserta. Jadi ada 2 ribu peserta sebetulnya yang hadir, ya kami tidak tahu kalau pun ada 1 orang 2 orang 3 orang, tapi diperkirakan 2 ribu peserta,” katanya.

Disisi lain, kata Beni, pihaknya sekaligus melakukan pendataan dari berbagai komunitas olahraga di Kabupaten Serang. Hal itu dilakukan, agar kedepannya apabila ada event olahraga lainnya akan lebih mudah untuk mengakomodir para komunitas tersebut.

“Kami sekaligus mendata mereka, supaya kalau ada kegiatan seperti ini tidak hanya sentralisi hanya di kecamatan-kecamatan tertentu. Kami ingin semua kecamatan ke depan ini ikut terlibat, sehingga pesta rakyat HUT Kabupaten Serang ini memang terasa tidak hanya di jalan sehat, di sepeda pun, tapi seluruh komunitas di setiap kecamatan ikut berpartisipasi,” ujarnya.(js)