Produk UMKM Binaan TP PKK Provinsi Banten Meriahkan Peluncuran Gernas BBI dan BBWI Tahun 2023

oleh -9 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya turut memeriahkan Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Tahun 2023. Ratusan produk UMKM Binaan TP PKK Provinsi Banten tampil pada acara yang digelar di Halaman Masjid Raya Al Bantani Pemprov Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jum’at (10/2/2023).

“Kita membawa pelaku-pelaku UMKM binaan PKK melalui UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, red) ada klaster makanan, klaster pakaian, dan klaster kerajinan tangan dari 8 Kabupaten/Kota,” ungkap Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar.

“Moment ini menjadi ajang promosi produk-produk hasil UMKM binaan PKK sehingga menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan segmen pemasarannya di Provinsi Banten,” tambahnya.

Dikatakan, UMKM binaan TP PKK Provinsi Banten menampilkan hampir 100 tipe produk yang disebar di stand klaster VVIP, premium, dan pasar murah.

“Ada 80-an pelaku UMKM yang menampilkan produknya,” jelas Tine.

Dijelaskan, melalui pembinaan PKK, para pelaku UMKM bisa meningkatkan ketahanan ekonomi bagi usahanya dan bagi lingkungan sekitarnya. Melalui pembinaan, naik kelasnya UMKM diharapkan mampu meningkatkan lapangan kerja.

“Jadi dampaknya akan sangat luas. Kita meyakini perempuan-perempuan yang melakukan usaha rumahan kalau sudah naik kelas menjadi UMKM sifatnya tekun dan ulet,” ungkap Tine.

“Hari ini kita dorong dan dukung dalam rangka promosinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Provinsi Banten menjadi lokasi pertama rangkaian Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Tahun 2023. Rangkaian ini akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan. Dihadir oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Azwar Anas, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, Bupati/Walikota se-Provinsi Banten serta para tamu undangan.

Peluncuran atau Kick Off Gernas BBI BBWI Tahun 2023 yang ditandai dengan pemukulan Bedug Ting Tit (Bedung Kecil) khas Provinsi Banten. Kegiatan ini dimeriahkan stand UMKM binaan OPD Pemprov Banten, TP PKK Pemprov Banten, Dharma Wanita Persatuan Pemprov Banten, Bank Indonesia, Bank BUMN, dan Bank swasta. Pameran kendaraan listrik dan UMKM konversi kendaraan listrik.

Fashion Show Heritage dan Ethnic Banten 2023, peragaan karya busana dengan berbahan kain tenun dan batik khas Banten karya para santri pondok pesantren di Provinsi Banten.(Al/Red)