PPDB Kembali Ke Sistem Offline, DPRD: Hati-hati Prektek Siswa Titipan

PPDB Kembali Ke Sistem Offline, DPRD: Hati-hati Prektek Siswa Titipan

Serang, – Anggota Komisi I DPRD Banten Ria Mahdia mengingatkan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan pengawasan untuk mengantisipasi praktek siswa titipan saat sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah menengah atas (SMA) jalur zonasi tahun 2021 kembali ke manual.

Sebab, menurutnya sistem PPDB online ini dibuat untuk mencegah praktek siswa titipan saat sistem offline.

“Balik ke manual cuma hati-hati jangan sampai dimanfaatkan oleh beberapa oknum sehingga ada adegan kursi-kursi itu milik siapa (titipan),” kata Ria saat dikonfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Diketahui sebelumnya, Pemprov Banten mengembalikan proses PPDB ke sistem manual lantaran situs website PPDB Banten eror dan susah diakses.

Politisi Nasdem itu mengatakan kecewa terhadap Diskominfo dan Dindik Banten yang mengaku bahwa sistem pelaksanakan PPDB online sudah siap dan tidak ada kendala saat rapat bersama anggota Komisi 1 DPRD Banten.

“Kami pernah tanya soal PPDB tapi jawaban mereka sudah siap 100 persen. Kalau mereka ada keterbukaan kami kekurangan bandwidth mau nambah bandwidth itu kan bisa diusulkan, tapi mereka bilang kami sudah siap kami sudah cukup,” tuturnya.

Akibat sikap panitia PPDB yang tidak terbuka tersebut, berdampak buŕuk terhadap pelayanan sehingga merugikan masyarakat. Bayangkan hal itu terjadi terhadap masyarakat yang kurang mampu, mereka harus bolak balik ke warnet berjam-jam menunggu hanya untuk mendaftar tapi tidak berhasil.

“Saya meyakini ini sangat menyakiti dan merugikan masyarakat,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Nurarifin, orangtua calon siswa mengatakan, setalah tiga hari kesulitan mengakses website PPDB karena eror, akhirnya, dirinya bisa mendaftarkan anaknya sekolah namun melalui sistem manual.

“Dari hari pertama gak masuk-masuk sampe sekarang. Monitor terus tetep aja ngeblank. Tadi pagi daftar bisa cuma pake manual,” katanya.(war)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: