PKB Banten Gelar UKK Bakal Calon Legislatif

oleh -533 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Provinsi Banten menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) pada Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) menjelang Pemilu 2024.

Ketua DPW PKB Banten Ahmad Fauzi, mengemukakan digelarnya kegiatan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon anggota legislatif ini merupakan instruksi dari DPP PKB. Mekanisme dan materi-materi sudah ditentukan oleh DPP PKB.

“Dengan adanya Uji Kelayakan dan Kepatutan, Bakal Calon Anggota Legislatif ini, kami akan menjaring Bakal Calon Anggota yang berkualitas dan memahami aturan-aturan pemilu,” katanya.

Baca Juga:  BRI Liga I, Antara Persib Bandung Vs PSM Makasar dan Persipura Jayapura Vs Madura United Ditunda

Lebih lanjut, Gus Fauzi, sapaan akrabnya mengatakan DPW PKB Provinsi Banten juga ingin menjaring Bakal Calon Legislatif yang berkualitas dan paham akan tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif.

Selain itu, dengan uji kompetensi ini akan dapat dipetakan kompentensi dalam kerja kerja pemenangan.

Sementara H Rano Alfath LPP DPP PKB mengatakan, uji kelayakan Bacaleg PKB dilaksanakan oleh seluruh tingkatan se Indonesia, sebagai upaya memetakan potensi dan kompetensi Bacaleg PKB baik dari sisi pengetahuan teknis kepemiluan maupun tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab ketika terpilih menjadi legislatif.

Baca Juga:  Ambil Formulir Balon Wabup, Gofur Ingin Dampingi Tatu

Sebanyak 85 Bacaleg PKB Banten turut hadir dalam program tersebut. Penguji pada UKK ini yang berasal dari kalangan ulama atau kiai, akademisi, peneliti politik dan inteRnal LPP DPP PKB dan DPW PKB Banten

Sementara K.H. Bunyamin Hafidz, penguji eksternal yang juga menjabat Ketua PWNU Provinsi Banten mengatakan, dirinya mengapresiasi UKK Bacaleg yang dilakukan oleh DPW PKB Provinsi Banten ini.

K.H. Bunyamin Hafidz menegaskan, para peserta ini memang dituntut untuk memahami regulasi pemilu, mulai dari daerah pemilihan, jumlah daftar pemilih tetap hingga jumlah kursi di masing-masing daerah pilihan (Dapil).

Baca Juga:  Kurangi Over Kapasitas, Kanwil Kemenkumham Banten Mutasi 158 Warga Binaan

Dirinya menambahkan uji kelayakan dan kepatutan ini juga sebagai upaya mengetahui motiv, visi dan misi calon legislatif, utamanya pada tanggungjawab pada masyarakat konstituennya.

Dr. H. Subhan, M.Ed, Akademisi UIN SMH Banten yang juga penguji eksternal UKK tersebut merupakan terobosan yang penting di era demokrasi yang semakin transaksional yang melahirkan banyak anggota legislatif yang kurang berkomitmen dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. (Guh)