Pj Gubernur Banten Al Muktabar Tinjau PPDB dan Sarpras di SMKN 1 dan 2 Rangkasbitung

oleh -156 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Kepala Sekolah dan Pengawas harus mampu berinovasi untuk mengajak para siswa dapat berpartisipasi menjaga dan merawat sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan sekolah.

 

“Fungsi pengawas itu kan tidak hanya untuk mengawasi proses belajar mengajar, tetapi juga mengawasi daya dukung sarana prasarana pendidikan. Termasuk mendorong partisipasi siswa untuk menjaga dan merawat sarana prasarana tersebut,” ungkap Al Muktabar usai meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) serta sarana dan prasarana di SMK Negeri 1 Rangkasbitung dan SMK Negeri 2 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak pada Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Akselerasi Penyiaran Mendukung Percepatan Pembangunan

 

Dikatakan, saat ini proses transformasi pendidikan bukan hanya sebatas pengetahuan teori saja. Melainkan harus mampu membangun sikap nilai positif bagi para siswa.

 

“Proses edukasi kepada siswa itu bukan saja pembelajaran teoritik, tapi harus memberikan praktek sistem nilai. Karena yang akan disentuh adalah efektif, kognitif dan psikomotorik sebagai target pembelajaran,” katanya.

 

“Hal itu penting sekali, maka harus ditransformasi oleh guru, pengawas sekolah dan Kepala Sekolah serta semua stakeholders yang terlibat dalam menggiatkan dunia pendidikan,” sambungnya.

Baca Juga:  Tinjau Pelaksanaan PPDB 2024, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Pastikan Pelayanan Prima

 

Selanjutnya, Al Muktabar meminta kepada Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik untuk dapat memberikan sarana dan prasarana pendidikan yang baik. Dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada.

“Gunakan fasilitas yang ada, jaga dan rawat dengan baik serta jadikan lingkungan yang menyenangkan untuk siswa belajar,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga meninjau pelaksanaan PPDB di kedua SMK Negeri tersebut. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga:  Jaga Stabilitas Daerah, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Tegaskan Pentingnya Peran TNI

 

“Tadi kita lihat pendaftar di dua SMK Negeri itu cukup tinggi, kita berharap pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 2 Rangkasbitung Edi Ruslani mengatakan, pihaknya akan mendorong partisipasi siswa dalam menjaga serta merawat sarana dan prasarana pendidikan yang ada.

 

“Kita akan melaksanakan saran yang disampaikan Pak Pj Gubernur, intinya kita terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkasnya.(js)