Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Rakernas APPSI Tekankan Stabilitas Daerah Jelang Pemilu 2024

oleh -9 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menekankan pentingnya stabilitas daerah menjelang Pemilu 2024. Rakernas di Provinsi Jambi, Selasa (7/11/2023) itu dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas serta para Gubernur atau yang mewakili.

Al Muktabar mengatakan, dalam Rakernas itu banyak hal yang disampaikan oleh Menpan RB. Hal mendasar adalah arahan birokrasi tematik dalam rangka menyongsong Pemilu damai yang merupakan bagian dari kebijakan yang harus dilaksanakan di daerah.

“Selanjutnya mempersiapkan kegiatan yang memungkinkan adanya konektivitas antar daerah, kerjasama antar daerah,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Al Muktabar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bisa menjadi akselerator reformasi birokrasi berdampak, baik dari sisi manajemen ASN, transformasi digital, dan pelayanan publik di berbagai pemerintah kabupaten/kota.

“Di Provinsi Banten sendiri sudah melakukannya seperti dalam pengendalian inflasi dan peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan ekstrim dan penanganan stunting,” ungkapnya.

Dari semua agenda itu, menurut Al Muktabar, stabilitas daerah menjadi hal mendasar yang harus terus diciptakan. Itu adalah hal pokok. Karena stabilitas daerah itu menentukan keberlangsungan pembangunan.

“Kalau stabilitas daerah tercipta, maka akan menjadi agregat stabilitas nasional,” ucapnya.

Dikatakan, Rakernas APPSI penting karena ada beberapa agenda lainnya seperti penetapan kepengurusan APPSI. Saat ini ada beberapa pengurus yang habis masa jabatannya.

“Lalu ada juga penetapan agenda tahunan, merumuskan berbagai hal agar kontribusi APPSI bisa lebih ditingkatkan dalam pembangunan nasional,” jelasnya.(al)