Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Keluarga Berperan Penting Terhadap Tumbuh Kembang Anak

oleh -4 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap dengan diselenggarakannya Puncak Perayaan Hari Anak Nasional Ke-39 dan Hari Keluarga Nasional Ke-30 Tingkat Provinsi Banten dapat menumbuhkan kesadaran bersama pentingkan peran keluarga terhadap tumbuh kembang anak.

“Kita berharap dengan hari anak ini dapat menumbuhkan kesadaran bersama, seperti saya sampaikan tadi itu yang mendasar bakti anak kepada orang tua dan bakti orang tua kepada anak,” ungkap Al Muktabar.

Sehingga dengan hal tersebut, kata Al Muktabar, diharapkan tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik dan dapat menjadi generasi yang dibanggakan baik daerah maupun nasional.

“Maka, peran semua pihak penting dalam hal tersebut, kita juga menggunakan konsep pentahelix dalam menggerakan dari berbagai agenda,” katanya.

Selain itu, Al Muktabar mengatakan sebagai komitmen pemerintah dan stakeholder lainnya terkait dengan perlindungan anak dan perempuan. Memerlukan pendekatan secara preventif, kuratif dan promotif.

“Tiga tahap pendekatannya baik itu preventifnya dalam rangka pencegahan, kuratifnya dalam rangka penegakan hukum, lalu kemudian juga kita perlu promotif memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk kita berhati-hati bersama,” imbuhnya.

“Ini bagian ikhtiar kita bersama dan dalam bentuk pemerintah hadir,” tandasnya

Sebelumnya, Al Muktabar bersama Forkopimda Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota, Direktur Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Handayani Ningrum, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Muhammad Rizal Martua Damanik dan Plt Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak KemenPPPA Rini Handayani meninjau stand-stand booth pelayanan. Diantaranya pelayanan pemeriksaan kesehatan reproduksi dan pelayanan administrasi kependudukan sekaligus penyerahan secara simbolik Kartu Identitas Anak.

Selanjutnya, Al Muktabar beserta rombongan juga melihat anak-anak yang tengah mengikuti lomba mewarnai dalam rangka puncak perayaan Hari Anak Nasional Ke-39 se-Provinsi Banten Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pembacaan 14 point suara anak Indonesia oleh Forum Anak Banten serya diserahkan kepada Pj Gubernur Banten dan Kepala DP3AKKB Banten, penyerahan Gatama Awards 2023, pengukuhan Forum Anak Banten masa bakti 2023-2025 dan pengukuhan Duta Anak Banten Tahun 2023.

Kemudian, pengukuhan orang tua asuh stunting serta penandatanganan kesepakatan bersama tentang Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak, Pelayanan Adminduk Terintegrasi Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi peduli stunting oleh Forum Anak Banten dan Forum Generasi Berencana (Genre Banten), serta penyaluran sejumlah bantuan kepada anak stunting secara simbolis.(al)