Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Generasi Muda Harus Mewarisi Semangat Para Pejuang

oleh -1 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, generasi muda harus mewarisi semangat para pejuang dalam merebut, meraih, dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan ke depan dalam mengisi kemerdekaan.

Hal itu diungkap Al Muktabar usai mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Taman Makam Pahlawan, Ciceri, Kota Serang, Kamis (17/8/2023) dini hari.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut turut dihadiri Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan mengenakan PDU-I, Forkopimda Provinsi Banten, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten dan sejumlah tamu undangan yang lainnya.

“Tadi kita dipimpin Pak Danrem melakukan apel kehormatan dan renungan suci, memaknai ini tentu satu hal penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ungkapnya.

“Dan kita juga berdoa, agar kita yang ditinggalkan dapat terus diberikan kemampuan dan kekuatan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga berharap kepada generasi muda untuk dapat meneruskan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan, serta menanamkan rasa semangat perjuangan dalam dirinya.

“Dan tugas kita mentransformasi semangat juang itu kepada generasi muda. Oleh karenanya generasi muda diharapkan memiliki pemahaman yang kuat untuk melanjutkan estafet kepemimpinan,” katanya.

Dikatakan, selain meningkatkan kemampuan, semangat perjuangan perlu terus ditanamkan bagi generasi muda.

“Generasi muda harus terus tingkatkan kemampuannya, karena tantangan ke depan itu berbeda dengan dulu, akan tetapi kita memiliki nilai-nilai perjuangan,” imbuhnya

Hal senada pun disampaikan Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan generasi muda saat ini harus siap melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan pada saat memerdekakan Republik Indonesia.

“Kita harus siap melanjutkan estafet pembangunan yang sudah dirintis oleh pendahulu kita,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada generasi muda untuk dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan tidak melupakan sejarah. Tentunya hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan berkunjungan ke museum maupun ke taman makam pahlawan.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya,” tandasnya.(al)