Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Menjaga Sungai

oleh -9 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk bergandengan tangan dalam menjaga ekosistem sungai, diantaranya menumbuhkan kesadaran terkait pentingnya menjaga kebersihan sungai.

“Kita mengimbau kesadaran bersama semua stakeholder untuk kita dapat menjaga lingkungan secara luas dan khususnya pada kesempatan ini menjaga kebersihan sungai,” ungkap Al Muktabar usai melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai Cibanten, di Kawasan Bendungan Karet Cibanten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Jumat (17/2/2023).

Dikatakan, dengan bergandengan tangan dan dilakukan secara bersama-sama. Semua hal dapat dikerjakan lebih ringan dan mudah, serta dapat memaksimalkan capaian yang telah ditargetkan.

“Maka bergandengan tangan kita bersatu dalam melaksanakan pembangunan,” katanya.

Selanjutnya, Al Muktabar berharap dengan dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih Sungai Cibanten tersebut dapat menanamkan rasa kesadaran dan memiliki, sehingga dapat bersama-sama menjaga kelestarian sungai.

“Gerakan ini untuk kita menjaga sungai, tentu dalam itu kita memerlukan kesadaran bersama serta merasa memiliki,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Umum Tata Usaha Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3) Dian Ardani, dirinya mengatakan dalam menjaga keberlangsungan sungai merupakan tugas semua pihak, lantaran sungai telah menjadi bagian yang penting dan memberikan manfaat dalam kehidupan manusia yaitu sumber air yang menjadi sumber kehidupan manusia.

“Kondisi sungai yang terawat baik sehingga aliran airnya tidak mengalami hambatan. Maka sungai dapat membantu mengurangi risiko banjir,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan bersih-bersih Sungai Cibanten tersebut dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa bertanggungjawab bersama terhadap sungai.

“Dengan itu kami berharap dapat terjaga kelestariannya dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat,” tandasnya.

Sebagi informasi, kegiatan gerakan bersih-bersih Sungai Cibanten tersebut diselenggarakan oleh BBWSC3 bekerjasama dengan Pemerintah Kota Serang, serta Pemerintah Provinsi Banten.

Turut hadir, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten M Tranggono, Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Marzan, Kepala Dishub Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kepala DLHK Provinsi Banten Wawan Gunawan, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, Asisten Daerah III Kota Serang Kusna Ramdani serta tamu undangan yang lainnya.(Al/Js)