Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Terus Maksimalkan Kinerja Pemerintah Berdampak Pada Pembangunan dan Masyarakat

oleh -5 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar tegaskan pihaknya terus berupaya maksimalkan kinerja Pemerintah Provinsi Banten untuk bedampak pada pembangunan dan masyarakat. Pemprov Banten mencanangkan Reformasi Birokrasi Berdampak yang fokus pada program tertentu untuk memaksimalkan capaian kinerja.

Hal itu diungkap oleh Al Muktabar usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

“Kita mendapatkan arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dilanjutkan Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia M Tito Karnavian terkait dengan hal-hal yang harus dilakukan oleh Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur,” ungkapnya.

“Bapak Presiden menekankan beberapa hal dalam rangka tugas Gubernur di daerah, Dan tadi Bapak Mendagri menekankan tugas Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah,” tambahnya.

Dikatakan, Presiden Jokowi menekankan khususnya untuk bagaimana output kinerja Pemerintah Daerah.

“Intinya harus berdampak pada apa yang menjadi problem di masyarakat. Tentunya juga yang menjadi tujuan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan,” papar Al Muktabar.

“Bapak Presiden menekankan, antara lain kita harus mengendalinkan inflasi, menangani stunting dan gizi buruk, kemudian penekanan bangga buatan Indonesia atau produk dalam negeri harus di dorong. Juga menekankan perlunya diselenggarakan event-event pelaksanaan olahraga, seni budaya dan kewisataan di daerah,” lanjutnya.

Masih menurut Al Muktabar, Presiden Jokowi juga memberikan arahan untuk menggunakan instrumen keuangan yang menjadi pembiayaan APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota agar digunakan sesuai tahapan yang menjadi dokumen perencanaan dalam APBD di masing masing daerah.

“Bapak Mendagri juga menekankan terkait dengan tugas fungsi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah. Juga menekankan kembali ulasan dengan terukur sebagai indikator yang kuantitatif atas arahan-arahan Bapak Presiden,” ungkapnya.

“Bapak Mendagri juga mengingatkan untuk menggunakan instrumen Pemerintah Daerah bersama Forkopimda melakukan langkah-langkah teknis dalam upaya pencapaian tugas-tugas Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah,” pungkas Al Muktabar.

Sebagai informasi, saat ini Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar terus fokus serta berkomitmen meningkatkan capaian pembangunan Provinsi Banten. Salah satunya melalui Reformasi Birokrasi Berdampak dengan fokus pada pengendalian inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, penanganan kemiskinan ekstrem, mendorong investasi, ketahanan pangan, penggunaan produk lokal, hingga bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia(Al/js)