Persiapan Mudik Lebaran 2023 Di Pelabuhan Penyeberangan Merak

oleh -6 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Rekayasa lalu lintas, kantong parkir, buka tutup pintu tol, hingga tiket kapal online menjadi langkah-langkah untuk memberikan pelayanan optimal Pemerintah pada Mudik Lebaran Tahun 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Hal itu diungkap Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten M Tranggono usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelabuhan Penyeberangan Merak Menyambut Idul Fitri 2023 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy secara virtual, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (20/2/2023).

“Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Banten siap melakukan kebijakan sesuai dengan apa yang diarahkan oleh Pemerintah Pusat,” jelas M Tranggono.

Dikatakan, rencana pembangunan Rest Area Kilometer 97A di Jalan Tol Tangerang Merak tujuannya sebagai buffer, daerah penyangga atau kantong parkir untuk kendaraan yang baru keluar jalan tol dan akan memasuki Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Dijelaskan M Tranggono, untuk pembangunan Rest Area Kilometer 97A di Jalan Tol Tangerang Merak, Pemprov Banten sudah siap kaitannya studi kelayakan (feassibility study), rencana induk (master plan), hingga dokumen pengadaan tanah.

Rest Area Kilometer 97A di Jalan Tol Tangerang Merak, lanjutnya, bisa menjadi tempat untuk display produk-produk UMKM. Produk-produk unggulan khas Provinsi Banten hingga kuliner Banten. Sehingga keberadaannya diharapkan memberikan dampak ekonomi bagi UMKM dan masyarakat sekitar.

Sementara, untuk Mudik Lebaran Tahun 2023, Rest Area Kilometer 68A Bogeg dan Rest Area Kilometer 43A Balaraja akan dimaksimalkan untuk buffer sekaligus lokasi penjualan tiket kapal online untuk kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. Untuk kendaraan penumpang akan diarahkan ke Pelabuhan Penyeberangan Merak. Sedangkan untuk kendaraan logistik diarahkan ke Pelabuhan Pelindo Ciwandan. Meski demikian, Pelabuhan Pelindo Ciwandan pada situasi dan kondisi tertentu juga diperbantukan untuk penyeberangan kendaraan penumpang.(Al/js)