Peringati HANI 2023, Sekda Kabupaten Serang Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

oleh -2 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba khususnya di wilayah Kabupaten Serang. Hal itu disampaikan Entus saat Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2023, di Halaman Pendopo Bupati Serang pada Jum’at, 7 Juli 2023.

”Hari ini Pemerintah Kabupaten Serang melalui Badan Kesbangpol memperingati Hari Anti Narkotika Internasional, sebetulnya peringatan HANI sudah kita mulai dari tanggal 26 Juni kemarin dan puncaknya hari ini,”ujarnya kepada wartawan.

Lanjut Entus, dengan digelarnya HANI Tahun 2023 bertujuan yang berkeinginan secara bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk memerangi peredaran narkotika di Kabupaten Serang. ”Kita menyadari bahaya narkotika ini merusak masyarakat, khususnya generasi muda. Kita tidak ingin ada Lost Generation untuk di Kabupaten Serang,”tegasnya.

Disisi lain, kata Entus, bagi yang sudah terjerumus mengonsumsi narkoba harus diperlakukan secara manusiawi oleh seluruh elemen masyarakat. ”Mereka kita bangkitkan lagi semangatnya untuk bisa kembali produktif, sehingga dengan empati, dengan peduli warga sekitar kepada korban narkotika itu akan memberikan dorongan spirit mengisi hidupnya kembali secara baik,”ucapnya.

Disamping itu, tambah Entus, Pemkab Serang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) membagikan bendera merah putih secara simbolis sebagai Program Pemerintah Pusat membagikan 1 juta bendera merah putih dalam rangka HUT RI ke-78 Tahun 2023. Begitu juga dilaksanakan pembagian doorprize dengan berbagai macam hadiah. ”Tadi sudah kita laksanakan secara simbolis, ini juga ditujukan untuk membangkitkan nasionalisme bagi masyarakat Kabupaten Serang,”katanya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna mengatakan dalam upaya melakukan pencegahan peredran narkoba di Kabupaten Serang pihaknya bekerjasama dengan dinas terkait, universitas, BNN provinsi maupun kabupaten untuk mensosialisasikan dengan menjangkau seluruh lapisan masyarakat khususnya para generasi muda.

”Upaya kita sosialisasi ke sekolah-sekolah melibatkan dari BNN, Polres Serang. Jadi perkembangan peredaran narkoba tetapa kita awasi bukan hanya tugas kepolisian, tapi mulai dari tingkat RT, RW agar tidak terkena narkoba,”ujarnya.

Turut hadir pada Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2023 Staf Ahli Bupati Rahmat Fitriadi, Asisten Daerah (Asda) I Nanang Supriatna, Asda III Ida Nuraida dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang.(js)