Pemprov Banten Siap Gelar Acara Puncak Gernas BBI dan BBWI 2023

oleh -343 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap menggelar Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023. Gerakan Nasional ini merupakan program berkelanjutan dalam meningkatkan UMKM.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti menyampaikan beberapa hal yang sudah dilakukan antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam mempersiapkan Acara Puncak Gerakan Nasional BBI dan BBWI yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 21 Mei 2023 di Summarecon Mall, Kabupaten Tangerang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Banten yang terus secara masif menggulirkan kegiatan Nasional ini di setiap kesempatan,” ungkap Virgojanti dalam Konferensi Pers Harvesting BBI dan BBWI Provinsi Banten 2023 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Selasa, (16/05/2023).

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Sambut Kedatangan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Dijelaskan, kegiatan puncak itu akan berkolaborasi dengan kegiatan tahunan Karya Kreatif Banten (KKB) dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten.

“Kegiatan ini juga kita kolaborasikan dengan kegiatan tahunan BI yang tentu kita tidak hanya mendorong perekonomian Banten tetapi juga melahirkan kembali kebudayaan pada masa kejayaan Banten di Abad Ke-18,” jelasnya.

Kegiatan yang bertema “Harvesting The Treasure of Banten Local Wisdom” ini juga akan berkolaborasi dengan sektor UMKM yang diharapkan mampu mempromosikan UMKM pada level Nasional dan Internasional sehingga mampu meningkatkan transaksi penjualan sebagai upaya penguatan ekonomi di Provinsi Banten.

“Dan harapan serta tujuan kita ini mampu meningkatkan penjualan bagi UMKM lokal Banten yang mungkin bisa didukung dengan aktivitas kunjungan wisata yang juga terus kita giatkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Sungai Bersih, Cegah dan Minimalkan Dampak Terjadinya Luapan

Virgojanti menambahkan, selain untuk memperkuat ketahanan ekonomi di Provinsi Banten. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan wisata yang ada di Provinsi Banten.

“Dengan target kunjungan wisatawan di Provinsi Banten yang mencapai 70 juta. Kita bisa jadikan itu upaya dalam mempromosikan wisata Banten yang terus kita kembangkan baik dari infrastrukturnya ataupun pelayanannya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur BI Perwakilan Provinsi Banten Gunawan menyampaikan kegiatan ini juga akan didukung dengan teknologi digital dan beberapa top brand yang secara langsung bisa menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ada keterlibatan yang terkait dengan fokusnya mendorong digital dan ada top brand juga yang mendukung,” ungkapnya.

Gunawan juga menyampaikan dalam kegiatan ini terdapat kegiatan fashion show yang mampu memperlihatkan karya cipta Provinsi Banten.

Baca Juga:  Cegah Kekerasan, DP3AKKB Banten Dorong Daerah Bentuk Kelurahan/Desa Ramah Perempuan dan Anak

Tidak hanya itu, Mia Ermaya dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menjelaskan bahwa Kemenhub sebagai co-campaign manager sejak kick off bulan februari lalu hingga harvesting berkomitmen mengawal pencapaian target BBI dan BBWI khususnya di provinsi Banten.

“Ini adalah tahun ketiga Kemenhub turut memanajeri Gernas BBI, setelah sebagai campaign manager 2021 di Bali dan 2022 di Jambi. Sebuah kehormatan bagi kami tahun ini menjadi co campaign manager di provinsi Banten. Selaku co campaign manager Kemenhub berkomitmen untuk turut menguatkan karakter bangga buatan Indonesia, mengawal peningkatan belanja produk lokal, peningkatan kunjungan wisatawan, dan pencapaian target BBI serta BBWI. Kami yakin hal ini semakin memajukan Provinsi Banten,” pungkasnya.(red)