Pemprov Banten Raih Penghargaan 5 Besar Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda

oleh -31 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi Banten meraih Penghargaan Pemerintah Provinsi dengan Kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda Tinggi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Penghargaan diterima oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dari Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pemuda dan Olahraga 2023 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Catatan Kemenpora, Indeks Pembangunan Pemuda Provinsi Banten mengalami Kenaikan dari 47,83 pada tahun 2021 menjadi 52,17 pada tahun 2022. Terjadi kenaikan sebesar 4,34.

“Ini adalah kerja sama Bapak/Ibu Bupati/Wali Kota dan Forkopimda secara komprehensif melakukan kerja-kerja kelembagaan. Sehingga ada hasil tentang peningkatan itu” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Baca Juga:  Haul ke-131, Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Syekh Nawawi Al Bantani Berkontribusi Pada Peradaban Islam

“Lebih jauh lagi, kita ingin implementatif tentang pemaknaan Indeks ini untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Dijelaskan, Peran generasi muda yang merupakan bonus demografi harus dipetakan. Tujuannya, penyiapan generasi muda ke depan untuk Penyerahan tongkat estafet agenda kerja pembangunan.

“Kesiapan pemuda bisa disiapkan melalui apa yang disebut Pemerintah hadir dan kebersamaan dalam rangka pendekatan yang lebih komprehensif,” ungkap Al Muktabar.

Dipaparkan, Provinsi Banten terdiri dari delapan Kabupaten/Kota. Dalam agenda-agenda kepemudaan dan keolahragaan sebagai satu kesatuan, pihaknya menyiapkan peran Pemerintah Provinsi Banten dalam mengkoordinasikan agenda kepemudaan dan keolahragaan Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Bupati Serang Apresiasi Program TP PKK

“Kita bersama-sama dengan Kabupaten/Kota,” ungkap Al Muktabar.

“Kita akan berkontribusi di sana dengan segenap potensi kepemudaan yang ada di Provinsi Banten,” pungkasnya.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Ahmad Syaukani, pada Rencana Aksi Daerah (RAD) ada 5 aspek yang dinilai pada kepemudaan. Yakni: kesehatan, pendidikan, kesempatan kerja, kesetaraan gender, dan Kepemimpinan.

Sebagai informasi, Rapat Koordinasi Nasional Pemuda dan Olahraga Nasional 2023 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Baca Juga:  Polda Banten Rotasi Pejabatnya, Ini Slogan Kapolres Pandeglang Yang Baru

Dikatakan, Rakornas Pemuda dan Olahraga 2023 sebagai bagian pembangunan manusia Indonesia yang unggul dan berakhlakul karimah.

“Pemuda kunci penting untuk pembangunan SDM Indonesia yang maju,” ungkap Muhadjir.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo melaporkan, Rakornas Pemuda dan Olahraga 2023 merupakan Rakornas untuk pertama kali digelar.

“Sebagai bagian Haornas Ke-40 untuk mensinergikan keolahragaan dan kepemudaan. Diharapkan mampu meningkatkan penyelenggaraan pelayanan bidang kepemudaan dan keolahragaan,” ungkapnya.

“Rakornas diikuti lebih dari 1500 peserta dari penyelenggara pelayanan bidang kepemudaan dan olahraga,” lapor Dito.(al)