Pemprov Banten Raih KPPU Award 2023 Pada Kategori Pratama

oleh -6 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi Banten meraih penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2023 dalam Persaingan Usaha Tingkat Daerah pada Kategori Pratama. KPPU Award diberikan untuk mengapresiasi komitmen dan inisiatif Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan prinsip persaingan dan kemitraan dalam kebijakan yang diambilnya.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Provinsi Banten merupakan satu dari 11 Provinsi yang mendapatkan penghargaan dari KPPU.

Usai menerima penghargaan, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin juga kepada KPPU atas penilaian objektif yang dilakukan. Provinsi Banten menjadi salah satu dari Provinsi yang dianggap optimal dalam mengelola pengawasan terhadap sektor usaha yang ada.

“Penghargaan ini merupakan suatu hasil kerjasama atas kinerja semua pihak yang terus mengupayakan peningkatan pelayanan kepada para pengusaha atau investor baik yang sudah ada maupun yang akan masuk ke Provinsi Banten,” katanya.

Menurut Al Muktabar, sektor usaha ini merupakan satu hal mendasar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Maka dari itu, prinsip dalam merawat sektor ini adalah dengan mengedepankan hal-hal yang bisa mendapatkan asas kemanfaatan dari itu.

“Kita juga terus memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengusaha atau investor, sehingga mereka menjadi nyaman melakukan investasi di Provinsi Banten,” ucapnya.

Diungkapkan Al Muktabar, banyak hal yang menjadi pertimbangan KPPU dalam memberikan penghargaan itu kepada Pemprov Banten, salah satunya yakni capaian investasi Provinsi Banten sampai dengan Triwulan Ketiga tahun 2022 lalu melampaui target dari yang ditentukan.

“Kemudian juga, dalam rangka mendukung kebijakan Bapak Presiden Joko Widodo, Pemprov Banten sudah menyiapkan segala infrastruktur guna menunjang para investor yang akan berinvestasi di Provinsi Banten,” katanya.

Ketua KPPU RI M Afif Hasbullah mengungkapkan, penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah itu merupakan bentuk penghargaan karena mereka telah mampu menciptakan sistem iklim usaha yang sehat.

“Dukungan dari Pemda itu selama ini membantu peningkatan indek persaingan usaha di Indonesia, dimana pada tahun 2024 nanti saya optimis kita akan mencapai target indek persaingan usaha sampai 5 persen seperti yang diamanatkan Bapak Presiden,” ungkapnya.

Atas segala hal yang telah dicapai oleh Pemda tersebut, Afif memberikan penekanan kepada Pemda agat bisa terus memperbaiki regulasi terkait dengan persaingan usaha guna menjaga kondisi pasar yang sehat.

“Serta menciptakan kemitraan yang adil dan itu akan membuat iklim usaha kita menjadi bagus kedepannya,” katanya.

Sementara itu Wakil Presiden Ri Maruf Amin dalam arahannya mengatakan, dari tahun ke tahun indek persaingan usaha Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu tentu menjadi sebuah kabar baik bahwasannya investasi di Indonesia juga terus mengalami perkembangan.

“Pada tahun 2018 indek persaingan usaha kita mencapai 4,6 persen dan tahun 2021 sudah 4,8 persen. Tahun 2024 nanti target nasional kita sampai 5 persen. Saya yakin itu bisa tercapai. Apalagi secara regulasi aturannya sudah jelas dengan adanya UU Cipta Kerja dalam rangka mendorong investasi,” jelasnya.

Selain kepada 11 Pemerintah Provinsi, KPPU juga memberikan award kepada sejumlah Lembaga dan Kementerian. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun oleh KPPU dalam rangka memacu dan memberikan penghargaan kepada Pemda yang telah bekerja keras dalam rangka menjaga dan memberikan pelayanan terhadap investasi yang masuk.(Al/js)