Pemprov Banten Dukung Penuh Suksesnya Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN 2023

oleh -3 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan, Pemerintah Provinsi Banten siap mendukung penuh sekaligus menyukseskan Keketuaan Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43 dilaksanakan di Jakarta pada bulan September 2023 mendatang.

“Terkait dengan KTT Ke-43 ASEAN, khususnya Provinsi Banten, yang akan menjadi tempat kehormatan kedatangan para Kepala Negara Anggota ASEAN dan beberapa Organisasi Internasional, serta tamu undangan dari beberapa negara lainnya,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai menghadiri Rapat Persiapan Pembahasan Rangkaian Penyambutan KTT ASEAN 2023 di Gedung Sekretariat Negara Jakarta Pusat. Selasa, (29/8/2023).

“Bandara Soekarno-Hatta berada di wilayah Provinsi Banten, maka kita bagian dari tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN,” tambahnya.

Dipaparkan, dukungan Pemprov Banten dalam bentuk penyambutan kedatangan dan kepulangan para Kepala Negara Anggota ASEAN dan Tamu Kehormatan Negara. Pemprov Banten akan menampilkan dan memperkenalkan budaya Banten Salah satunya melalui Kang dan Nong Provinsi Banten.

“Kita akan memperkuat koordinasi hingga kerjasama antara Provinsi Banten dengan Provinsi DKI Jakarta. Akan saling mendukung dalam menyiapkan beberapa hal di luar Bandara Soekarno-Hatta untuk aspek-aspek keterkaitan estetika keindahan di Indonesia serta berbagai hal lainnya yang diperlukan. Tetap dalam koordinasi Protokol Istana,” jelas Al Muktabar.

Seperti dijelaskan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sidharto R Suryodipuro pada Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang tayang di kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan memimpin 12 pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 5 s.d 7 September 2023 mendatang.

Dikatakan, Presiden RI Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan antara tanggal 5 s.d 7 September. Semua akan bertempat di Jakarta Convention Center.

Diperkirakan, lanjutnya, akan ada 27 pemimpin negara dan organisasi internasional yang hadir dalam KTT Ke-43 ASEAN, termasuk pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.(al)