Pemkab Serang Target 231.500 Anak Ikuti PIN Polio 2024

oleh -35 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menargetkan 231.500 anak mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Serang Tahun 2024 atau dengan minimal persentase mencapai 95 persen. Target capaian berkaca pada 12 November 2023 lalu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, mendapatkan penghargaan tentang Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Jakarta.

“Kita punya target 95 persen untuk kita capai, kami sangat yakin sekali bisa melebihi itu karena secara evaluasi kita mampu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, H. Nanang Supriatna, S.Sos, M.Si kepada wartawan usai membuka Advokasi dan Sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kabupaten Serang Tahun 2024 di Aula Tb. Suwandi pada Selasa, 25 Juni 2024.

Advokasi dan sosialisasi PIN Polio yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Serang, Muhtadi, unsur TNI dan Polri, perwakila OPD terkait, para camat, para kepala puskesmas, perwakilan rumah sakit daerah dna swasta, Ketua TP PKK Kabupaten Serang Habibah dan stakeholder terkait lainnya.

Baca Juga:  Ngaruwat Bumi Kampung Seni Yudha Asri Tingkatkan Pariwisata di Kabupaten Serang

Sekadar diketahui, Poliomyelitis atau lebih dikenal dengan sebutan polio adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf dalam tubuh. Polio adalah penyakit yang dapat menimbulkan kelumpuhan permanen pada penderitanya. Penyakit polio disebabkan oleh infeksi virus yang bernama poliovirus.

Nanang menegaskan, pada intinya advokasi dan sosialisasi untuk mempersiapkan dan menjaga agar tidak terjadinya kasus polio khususnya di Kabupaten Serang. Sehingga pemerintah pusat memberikan kebijakan untuk melaksanakan PIN Polio secara nasional. “Sebanyak 231.500 (Dua Ratus Tiga Puluh Satu ribu lima ratus) kita persiapkan dengan baik dari Kabupaten Serang untuk mengikuti PIN Polio bisa tercapai 95 persen lebih,”tegasnya.

Kenapa demikian, kata Nanang, karena Pemkab Serang menggerakkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) juga secara penta helix meliputi dari unsur perguruan tinggi, perusahaan, media dan masyarakat semua bergerak dengan baik. Upaya itu sudah terbukti pada Tahun 2023 bisa dilaksanakan dengan baik. “Insya Allah pada PIN Polio 2024 ini sama halnya tercapai dengan baik. Kita gerakkan semua potensi yang kita miliki sampai ke tingkat bawah dimulai dari dengan diberikan pembinaan,”katanya.

Baca Juga:  Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Serang, Istianah Haryanti mengatakan kegiatan PIN Polio Nasional dimulai pada 23 Juli 2024. Diharapkan pada 23 Juli serentak semua anak berusia 0 sampai 7 tahun itu mendapatkan tetesan PIN polio sehingga tidak harus mengejar anak satu persatu. “Diharapkan nanti mohon dukungan media juga untuk mensosialisasikan ke masyarakat supaya anak berumur 0 sampai 7 tahun datang ke pos-pos PIN yang sudah kami sediakan pada 23 Juli 2024,”ujarnya.

Baca Juga:  Kolaborasi Pemprov Banten dan Dapur PKK, Daging Kurban Untuk Penanganan Stunting

Adapun titik-titik Pos PIN Polio di Kabupaten Serang, sebut Istianah, tepatnya di posyandu, puskesmas, PAUD, klinik, rumah sakit dan bidan praktek mandiri. Mak diharapkan, akses yang luas di sediakan tinggal masyarakat untuk bisa hadir membawa anak-anaknya untuk mendapatkan PIN polio karena target cukup tinggi mencapai 95 persen dari 231.500 anak itu harus mendapatkan PIN Polio. “Karena kalau gagal di PIN polio kita jadi daerah merah dan resikonya sangat tinggi terjadinya kasus polio,”katanya.

Istianah menjelaskan, untuk pelaksanaan PIN Polio serentak secara Nasional akan dilakukan dua putaran yang pertama pada 23 Juli diberikan untuk mengejar ketertinggalan atau belum sesuai target selama dua pekan. Adapun putaran kedua dilaksanakan pada 23 Agustus 2024. “Jadi mohon dukungannya semua, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,”ucapnya.[Adv]