Pemkab Mulai Limpahkan, Nilai Aset Pemkot Serang Naik Rp 3,07 Triliun

Pemkab Mulai Limpahkan, Nilai Aset Pemkot Serang Naik Rp 3,07 Triliun

Serang – Nilai aset daerah untuk Pemkot Serang mengalami peningkatan mencapai Rp3,02 Triliun yang tercatat sampai akhir tahun 2020.

Jumlah itu mengalami peningkatan sebesar 4,60 persen jika dibandingkan pada tahun 2019 yang tercatat sebesar Rp2,88 triliun.

Hal tersebut dikatakan Walikota Serang Syafruddin pada saat rapat paripurna penjelasan Raperda usul Walikota Serang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Serang tahun anggaran 2020 dan penjelasan Raperda prakarsa DPRD Kota Serang tentang kerjasama dan investasi pemerintah daerah serta rencana pembangunan industri di ruang paripurna DPRD Kota Serang, Kamis (10/6/2021).

Dalam pemaparannya Syafruddin mengatakan, jumlah aset tersebut di atas terdiri dari aset lancar, aset tetap dan aset lainnya.

“Untuk aset lancar sebesar Rp213,25 miliar, aset tetap 2,74 triliun dan aset lainnya sebesar Rp72,29 miliar,” jelasnya.

Peningkatan itu, lanjut Syafruddin, salah satunya dipengaruhi oleh adanya peningkatan nilai aset lancar sebesar 17,85 persen, aset tetap 3,75 persen dan lainnya meningkat sebesar 2,46 persen.

“Semua peningkatan aset ini akan dipergunakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPKAD Kota Serang Wahyu Budi Kristiawan mengatakan, peningkatan aset itu salah satunya adanya pelimpahan aset dari Kabupaten Serang ke Kota Serang.

“Secara item sudah 97 persen aset yang diserahkan kepada kami, tapi kalau secara nilai baru 60 persen,” ujarnya.

Wahyu mengakui masih ada beberapa item aset yang belum diserahkan yang besaran nilainya memang cukup lumayan.

“Tapi secara umum sudah semua, seperti gedung SD, SMP kelurahan itu yang sudah diserahkan dan digunakan,” tutupnya.(loet)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: